Pj Bupati Aceh Jaya Lakukan Pemantauan ke Puskesmas dan Rumah Lansia

Redaksi
Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin didampingi Kepala Inspektorat dan Camat Panga saat meninjau Puskesmas Panga. Foto: Dok Kominsa.

Habakini | Aceh Jaya – Penjabat Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos, M.Si blusukan ke Puskesmas dan Rumah Lansia. Tinjauan untuk memastikan pelayanan kesehatan masyarakat dan optimalkan kesejahteraan bagi masyarakat miskin ekstrim, Jum’at (25/11/2022).

Dalam kunjungannya di Puskesmas Panga, Pj Bupati Aceh Jaya menyampaikan, setiap Puskesmas di kabupaten Aceh Jaya secara umum sudah baik pelayanannya namun masih banyak hal yang harus diperbaiki, baik disegi pelayanan dan infrastruktur dalam lingkungan Puskesmas.

“Pada hari ini kita telah mengunjungi 3 Puskesmas, yang pertama tadi kita berada di Puskesmas Teunom yang kedua Puskesmas Panga, terakhir hari ini di Puskesmas Krueng Sabee,” kata Pj Bupati.

Menurutnya, secara umum di setiap Puskesmas ini sudah baik, namun banyak hal yang harus di perbaiki terutama sisi kebersihan dan kelancaran di setiap fasilitas Puskesmas, kemudian juga perlu dilakukan perbaikan lingkungan sarana dan prasarana.

“Perlu diperhatikan kebersihan lingkungan kesehatan, toilet hal-hal yang penting kemudian juga perlu kita perbaiki terkait sarana prasarana, karena ada banyak peralatan pendukung yang perlu kita aktifkan, kita minta support Inspektorat untuk melakukan audit di Rumah Sakit dan Puskesmas-Puskesmas,” pintanya.

Disampaikan Dr. Nurdin, saat ini dirinya sedang meminta Inspektorat untuk melakukan audit kinerja terhadap Rumah Sakit Teuku Umar, Dinas Kesehatan dan semua Puskesmas, untuk dilakukan audit kinerja agar bisa melakukan secara detail.

“Apa yang perlu kita perbaiki baik dari sisi sarana prasarana, tata kelola SDM, dalam 20 hari kerja teman-teman untuk melakukan audit kinerja sebagai bagian dari upaya kita untuk memperbaiki pelayanan kesehatan, dan di hari ini saya datang langsung untuk melihat sendiri,” tuturnya.

Selain itu, target urusan kesehatan yang harus menjadi perhatian dan sediakan oleh pemerintah, nanti akan dibahas secara Paripurna oleh DPRK Aceh Jaya terkait pengembangan program pembangunan dan penganggaran.

“Maka kepada petugas kesehatan, saya minta untuk bekerja maksimal di dalam melayani masyarakat termasuk juga untuk memastikan bisa memperoleh layanan kesehatan dengan jaminan kesehatan masyarakat, sebagaimana hasil korelasi saya dengan BPJS di Meulaboh ada sekitar 2.500 NIK warga Aceh Jaya yang kartu BPJS nya belum aktif, untuk yang belum aktif ini untuk Nanti secara kolektif kita minta untuk diaktifkan tanpa menunggu masyarakat datang, harus proaktif kita untuk memastikan semua individu di Aceh Jaya mempunyai akses terhadap layanan kesehatan yang baik,” tegas Pj Bupati Aceh Jaya.

Selain mengunjungi sejumlah Puskesmas, Pj Bupati yang didampingi Asisten I Setdakab Aceh Jaya, Mustafa Ramadan, Kepala Dinas Sosial, Camat Panga Mawardi, S.Pd, unsur instansi terkait lainnya dan Timsus Pj Bupati Aceh Jaya, Ketua Tagana dan sejumlah Keuchik dalam kecamatan Panga. Bersilaturahmi ke rumah masyarakat lanjut usia.

Dalam silaturahmi bersama masyarakat lanjutnya usia Pj Bupati Aceh Jaya memberikan buah tangan terhadap Nenek Syarifah Sulaiman (106) tahun, Nenek Syarifah Abu (103) tahun dan Kekek Sufi SK yang sudah mencapai usia 106 tahun, ketiga masyarakat Lansia itu warga gampong Tuwi Kayee, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya.

Penulis : tim redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya