Gelar Business Matching bersama Mr. Lee Kwang Eui, Pj Bupati: Ada Kemudahan Berinvestasi di Aceh Jaya   

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya gelar Aceh Jaya Business Matching bersama Mr. Lee Kwang Eui yang merupakan Director of The Zone. Ltd.In dari Korea Selatan, di Aula Lantai III Sekdakab Kabupaten Aceh Jaya, Senin 20 Februari 2023.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin mengatakan, upaya untuk mendorong berjalannya laju perekonomian hal yang sering dihadapi di Aceh khususnya Aceh Jaya adalah faktor belum terbangunnya kelembagaan ekonomi dengan baik.

Lanjut Nurdin, hal ini sejalan dengan kebijakan nasional untuk mendorong bergeliatnya perekonomian di Desa. Maka Kabupaten Aceh Jaya sudah membangun Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) yang didalamnya terhimpun 172 Desa.

Dan dibawah BUMDESAM tersebut terdapat 11 anak perusahaan yang akan di persiapkan untuk berbisnis pada sektor sektor yang sesuai dengan komoditi unggulan yang ada di Aceh Jaya.

“Nanti ketika ada investor yang ingin melakukan investasi di Aceh Jaya tinggal check in dengan Anak anak usaha BUMDESMA tersebut,” terang Nurdin.

“Sehingga bisnis langsung cepat dan proses investasi di Aceh Jaya tidak berjalan lama. Terkait tata kelolanya dapat dibicarakan didalam proses check in nantinya. Ini adalah kemudahannya,” tambahnya

Disisi lain tambahnya, selama ini ada persoalan terkait jejaring kerja, sehingga produk yang dihasilkan tidak langsung bisa dipasarkan ke pasar yang lebih luas. Hal ini terkendala dimanajemen dan teknologi yang masih kurang.

“Maka perlu adanya kerja sama dengan perusahaan perusahaan untuk berbisnis di Kabupaten Aceh Jaya agar dapat dilakukan transfer of teknologi dan juga untuk menerobos market market yang lebih besar,” ungkap Nurdin.

Untuk itu mitra kerja nantinya diharapkan dapat fokus pada pemasaran, teknologi, manajemen serta pemodalan dan sebagainya. Sedangkan produksi akan dilakukan oleh masyarakat, kelompok kelompok usaha dan BUMDESMA.

“Jadi seperti itu pola bisnis yang kami siapkan di Aceh Jaya. Dan persilakan teman – teman dari Korea (The Zone. Ltd) untuk merumuskan bisnis mana yang kiranya cocok untuk dilakukan dan kami siapkan partnernya supaya bisnis bisa jalan dengan cepat,” pungkasnya, [].

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya