Umum  

Pemkab Aceh Jaya Jalin Kerjasama Smart City dengan Kementerian Kominfo

Redaksi

Habakini | Aceh Besar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka meresmikan implementasi Masterplan Smart City Kabupaten Aceh Jaya.

Penandatanganan MoU ini didampingi oleh Kepala Diskominsa Aceh Jaya A.G. Suhadi serta Kepala Bappeda Aceh Jaya Hendri Kusnadi yang berlangsung secara daring di ruang V.I.P Gedung Utama Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar pada Selasa 28 Februari 2023.

MoU ini merupakan bagian dari upaya pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk memajukan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta mewujudkan visi Kabupaten Aceh Jaya sebagai kota cerdas.

Dalam MoU ini, pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan Kemenkominfo sepakat untuk bekerja sama dalam mengembangkan ekosistem TIK yang inovatif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin mengungkapkan bahwa MoU ini adalah langkah awal menuju mewujudkan Kabupaten Aceh Jaya sebagai kota cerdas yang dapat menghadapi tantangan masa depan.

“Semua kota menuju kota cerdas, desa – desa menuju desa cerdas, smart villages dan smart city, merupakan bagian dari upaya kita melakukan persiapan Aceh Jaya dan Masyarakatnya menuju era digital,” kata Pj Nurdin.

“Karena, di era digital merupakan suatu keniscayaan pada saat ini, kita harus bergerak dan melakukan langkah – langkah persiapan agar kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi bisa juga dirasakan oleh masyarakat Aceh Jaya. Dengan kerja sama ini, kami optimis dapat memajukan sektor TIK dan mendorong inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” tambahnya.

Dirinya mengintruksikan untuk menyusun Roadmap kerangka kerja Smart City di Aceh Jaya yang tidak lepas dari kerangka nasional. Karena sistem infrastruktur dan tata kelola juga akan disiapkan secara nasional, sehingga Aceh Jaya akan menjadi bagian ekosistem digital nasional.

“Oleh karena itu Penandatangan MoU Penyusunan Smart City bagi Aceh Jaya pada hari ini merupakan langkah strategis kita semua untuk membangun Aceh Jaya ke depan menjadi Kabupaten Cerdas dan diikuti oleh Masyarakat Aceh Jaya hingga menjadi Masyarakat Cerdas dibidang teknologi,” tutur Dr. Nurdin.

“Terima kasih kepada Kemenkominfo yang telah menjadikan Aceh Jaya menjadi bagian dari 100 Smart City Prioritas di Indonesia. Dengan demikian, diharapkan penandatanganan MoU ini dapat terus bekerja sama dalam memajukan sektor TIK di Kabupaten Aceh Jaya dan mewujudkan visi Kabupaten Aceh Jaya sebagai kota cerdas yang inovatif dan berkelanjutan,” pungkasnya.

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya