Umum  

Pj Bupati Aceh Jaya Paparkan Best Practise Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting di Rakerda BKKBN Aceh

Redaksi

Habakini | Banda Aceh – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin menjadi narasumber dalam Rapat Kerja Daerah BKKBN Provinsi Aceh tentang upaya konkret dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Aceh Jaya.

Rapat Kerja Daerah tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Permata Hati Banda Aceh dan bertemakan Peningkatan Sinergitas dan Kolaborasi Pencapaian Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting, Selasa (28/02/2023).

Pj. Bupati Dr. Nurdin memaparkan berbagai program dan kebijakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dalam menurunkan angka stunting. Salah satu program yang diunggulkan oleh Dr.Nurdin adalah Program Penghapusan Kemiskinan Ekstrim dengan mendorong masyarakat ekonomi rendah untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui koorporasi berbasis masyarakat. Masyarakat Aceh Jaya diberikan kemudahan dalam mendapatkan modal untuk membuka atau meningkatkan usahanya.

Selain itu, Kabupaten Aceh Jaya juga mengadopsi pendekatan multisektor dalam mengatasi stunting dengan melibatkan sektor kesehatan, pendidikan, sosial, dan pertanian.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi dan layanan kesehatan, mempromosikan pola hidup sehat, serta meningkatkan akses terhadap pangan berkualitas.

Untuk mengendalikan dan menurunkan tingkat prevalensi stunting menjadi 14% di tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui 16 SKPK yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Bangkit Generasi Aceh Jaya (SEKBER BANGRAJA) memiliki dua fokus kerangka penanganan malnutrisi (stunting), yang terdiri atas penanganan stunting melalui intervensi gizi spesifik yang menyasar anak dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) serta intervensi gizi sensitif yang menyasar kegiatan pendukung di luar sektor kesehatan dengan sasaran utama adalah masyarakat umum.

Dr. Nurdin juga menekankan pentingnya edukasi kepada masyarakat tentang gizi seimbang dan pola hidup sehat sebagai langkah pencegahan stunting. Selain itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam program-program yang telah disiapkan guna menurunkan angka stunting di daerah tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Nurdin menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan guna menekan angka stunting secara signifikan.

“Diharapkan dengan adanya sharing best practice ini, upaya penurunan stunting di Kabupaten Aceh Jaya dapat menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lain dalam mengatasi masalah stunting yang masih menjadi permasalahan serius di Indonesia,” pungkasnya.

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya