8 Tahun Terbengkalai, Akhirnya Pasar Rakyat Lamno Difungsikan di Tangan Pj Nurdin

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin melakukan launching Pasar Rakyat Lamno Glee Mah yang berada di Gampong Bah Paoh, dan Pasar Rakyat Lamme Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Kamis (16/3/2023).

Pasar Rakyat Lamno di Glee Mah dengan luas 1.046 meter persegi di bangun pada tahun 2015 dengan anggaran sebesar Rp5 Miliar bersumber dari APBN, namun belum pernah difungsikan sejak bangunan itu fungsional.

Sedangkan Pasar Rakyat di desa Lamme dengan luas 520 meter persegi dibangun pada tahun 2022 yang anggarannya bersumber dari APBN juga belum pernah difungsikan.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Nurdin mengatakan, saat ini Pasar Rakyat Lamno Glee Mah dan Pasar Rakyat Lamme sudah bisa digunakan masyarakat dan pemkab Aceh Jaya akan menggratiskan biaya sewa selama satu tahun untuk para pedagang yang ingin berjualan di pasar tersebut.

“Dengan di launchingnya Pasar Rakyat ini para pedagang bisa berjualan lebih nyaman dan kemudian masyarakat juga bisa mendapatkan barang – barang yang di butuhkan di tempat yang nyaman,” kata Nurdin.

Dengan demikian sambung Nurdin, perekonomian masyarakat akan bergerak dan dapat berkontribusi pada upaya peningkatan ekonomi di Aceh Jaya sekaligus upaya dalam pengendalian inflasi di daerah ini.

Pasar memiliki peran yang strategis dalam mendukung perekonomian rakyat, revitalisasi dan pembangunan Pasar Rakyat merupakan bentuk perhatian Pemerintah Aceh Jaya kepada para pedagang, agar pemulihan dan peningkatan ekonomi dapat berjalan lebih cepat.

Menurut Nurdin, dari sisi hulunya harus ada perbaikan produksi dengan berbagai upaya agar produksi barang barang masyarakat itu bisa lebih meningkat baik dari sisi jumlah dan memperbaiki kualitas barang barang yang di hasilkan lewat pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan produk tersebut.

Selain itu, pihaknya juga mendorong supaya permodalan bagi masyarakat terus meningkat dengan memaksimalkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dialokasikan oleh Presiden Joko Widodo untuk Aceh serta memaksimalkan pembiayaan utra mikro yang di alokasikan untuk kabupaten Aceh Jaya.

Disisi lain, saat ini ada 18 Pasar yang belum berfungsi secara maksimal di Aceh Jaya. Dalam hal ini, Nurdin menyampaikan akan melihat kasus perkasus mana yang paling mungkin untuk fungsikan dan dimaksimalkan saat ini.

“Hal itu tidak terlepas dari pasar yang menjadi salah satu lokasi terfavorit tempat bertemunya berbagai interaksi masyarakat maka dengan ini perlunya Pasar Rakyat untuk di fungsikan agar menciptakan geliat perekonomian didalam masyarakat Aceh Jaya,” pungkasnya, [].

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya