Umum  

Pj Bupati Aceh Jaya Terima Audiensi dengan Pengurus PMI, Ini yang Dibahas

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Jaya melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya yang berlangsung di ruang rapat Bupati Aceh Jaya, Rabu 29 Maret 2023.

Pertemuan itu dilakukan untuk membahas berbagai hal terkait kerjasama antara Pemkab Aceh Jaya dengan Organisasi Internasional yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan tersebut.

Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PMI Aceh Jaya atas dedikasi dan peran penting yang telah dilakukan dalam membantu masyarakat Aceh Jaya yang membutuhkan terutama bidang tanggap darurat bencana dan kemanusiaan.

“Kita juga menekankan pentingnya sinergi antara Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dan PMI Aceh Jaya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Aceh Jaya,” kata Nurdin.

Kata Nurdin, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya selalu mendukung program – program dan kegiatan PMI Aceh Jaya terutama yang berkaitan dengan program sosial, kesehatan dan bencana.

“Pemerintah melalui Dinas Kesehatan tengah berupaya untuk mengusahakan Pelayanan Transfusi Darah bisa terwujud, sehingga bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi Masyarakat di Aceh Jaya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Aceh Jaya T. Irfan TB, mengapresiasi langkah Pj. Bupati Nurdin dalam membuka ruang audiensi ini serta atas dukungan pemerintah Aceh Jaya selama ini.

Selain itu, pihaknya juga melaporkan persiapan-persiapan pelaksanaan Muskab-IV PMI Kabupaten Aceh Jaya yang insyaAllah akan digelar pada tanggal 3 April 2023.

“Tadi kita juga meminta kepada Bupati untuk berkenan membuka acara Muskab -IV PMI yang akan dilaksanakan tanggal 3 April besok,” kata Irfan TB.

Pada kesempatan itu, Irfan TB juga menyatakan bahwa PMI Aceh Jaya sudah sangat membutuhkan Bank Darah guna menyimpan darah hasil dari pendonor.

“Aceh Jaya merupakan salah satu kabupaten dangan donor darah terbesar, oleh karena itu Bank Darah merupakan fasilitas yang penting untuk saat ini,” kata Irfan TB.

“Selama ini kita numpang nyetok di daerah lain karena disini belum ada Bank Darah. Jadi akan lebih efisien jika di Aceh Jaya memiliki Bank Darah sendiri, jadi masyarakat yang membutuhkan akan mendapat donor darah lebih cepat,” Jelas T. Irfan TB.

Selain itu, ia juga berharap kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dengan PMI Aceh Jaya dapat terus ditingkatkan ke depannya.

“Dengan adanya pertemuan ini, diharapkan dapat mempererat hubungan antara Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dengan PMI Aceh Jaya serta memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Aceh Jaya kedepan,” tuturnya.

“Untuk Muskab nanti, Bupati juga mengharapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan mekanisme AD/ART dan PO (peraturan organisasi) PMI, terhadap sosok atau figure Ketua PMI kedepan sepenuhnya menjadi ranah relawan kemanusiaan sebagai pemegang hak suara, pemerintah tidak ikut campur,” pungkasnya.

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur