Dinas Pendidikan Gelar Rakor dengan Kepala Sekolah se Aceh Jaya

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Jaya melaksanakan Rapat Koordinasi dengan Kepala satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kabupaten Aceh Jaya yang bertempat di Aula SMP Unggul Calang, Rabu (24/05/2023).

Kegiatan Rapat Koordinasi ini dibuka secara langsung oleh Pj. Bupati Aceh Jaya yang diikuti oleh 135 Orang kepala sekolah yang terdiri dari kepala Sekolah Dasar (SD) berjumlah 98 orang dan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) berjumlah 37 Orang, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 24 s.d. 26 Mei 2023 bertempat di Aula SMP Unggul Calang.

Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, M.Si, dalam arahannya menyampaikan bahwa kepala sekolah dan guru merupakan agen perubahan (agent of Change) dalam mewujudkan transformasi pendidikan menuju pendidikan Aceh Jaya yang lebih baik dan kompetitif.

Sebagai agen perubahan, Kepala sekolah dan guru harus mampu menjadi pendorong perubahan dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi seiring dengan tuntutan jaman, diperlukan adanya inovasi-inovasi yang mampu menggerakkan potensi-potensi di sekolah. Untuk itu diperlukan adanya koordinasi antara semua unsur pemangku kepentingan (stake holder) sehingga tercipta program yang berdaya guna dan berhasil guna. Ucap Dr. Nurdin.

Selanjutnya Dr. Nurdin, M.Si menambahkan bahwa untuk mendukung percepatan transformasi digital di bidang pendidikan, Pemerintah Aceh Jaya dalam waktu dekat ini akan membangun pusat talenta digital di Aceh Jaya bekerja sama dengan beberapa kampus terbaik di Indonesia.

Sebagai wujud mendukung percepatan tranformasi digital pada bidang pendidikan dan lainnya di Aceh Jaya, dalam waktu dekat ini kita akan membangun pusat talenta digital di Aceh Jaya. semoga saja ini dapat terwujud sesuai dengan yang kita rencanakan. Ujar Dr. Nurdin, M.Si.

Selain itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Jaya, Abu Bakar, S.Pd.I., MH juga menyampaikan bahwa rapat koordinasi kepala sekolah ini sangat penting dilaksanakan guna menjaga sinergisitas antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan satuan pendidikan di Kabupaten Aceh Jaya dalam menjalankan beberapa program inovasi dibidang pendidikan, baik itu program dari pemerintah pusat maupun yang menjadi program dari pemerintah daerah sendiri.

Koordinasi dan sinergisitas ini sangat penting kita lakukan. Dengan cara berkolaborasi, bapak-ibu bisa lebih mudah dalam membuat program pengembangan inovasi yang merefleksikan adanya kebersamaan, kekompakan dan keseimbangan komunitas di sekolah,” pungkas Abu Bakar, [].

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya