Umum  

Gerak Cepat PLN atasi Tiang Tumbang di Aceh Jaya

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Meski suasana Idul Adha PLN ULP Calang dengan sigap menangani gangguan listrik akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Aceh Jaya selama beberapa hari yang mengakibatkan 2 tiang listrik PLN di Desa Kuala Unga, Kecamatan Setia Bakti tumbang.

Peristiwa ini terjadi hari Jumat, (30/06/2023) pukul 16.50 WIB yang dengan cepat diketahui petugas PLN. Akibat peristiwa ini, sebanyak 75 gardu hubung (GH) padam dan aliran listrik ke 2.250 pelanggan di wilayah Kota Lamno dan sekitarnya terputus.

Kejadian ini termasuk bencana alam (force majeure) yang sulit untuk dihindari, namun PLN berupaya cepat tanggap mengatasi gangguan dengan mengerahkan 10 petugas ke lapangan ditambah dukungan pihak kepolisian kabupaten Aceh Jaya.

Akan tetapi karena cuaca ekstrim, hujan dan angin kencang serta medan di lapangan cukup terjal dan licin mengakibatkan pekerjaan sempat terpaksa dihentikan sementara.

“Meskipun membutuhkan waktu dan menguras energi petugas karena harus bekerja dalam kondisi cuaca buruk dan beresiko, tim kami dengan semangat menerangi, berhasil menormalkan kembali jaringan listrik untuk wilayah Lamno dan sekitarnya pukul 04.35 wib teepat pada waktu subuh.” ujar Manager PLN UP3 Meulaboh Aditya Setiawan saat dikonfirmasi.

Katanya,  Kelistrikan Lamno kembali normal pada hari Minggu (02/07/2023) pukul 04.35 WIB setelah perbaikan yang memerlukan waktu lebih dari 1 jam. Aditya mengungkapkan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak akibat peristiwa ini.

PLN juga menghimbau apabila masyarakat menemukan kondisi yang membahayakan terkait jaringan listrik agar segera melapor ke pihak PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau CC PLN 123.

“Kami selalu mengupayakan untuk memberi pelayanan listrik terbaik bagi pelanggan di Aceh Jaya. Namun dukungan dari seluruh pihak dan elemen masyarakat sangat kami butuhkan agar pelayanan kami lebih maksimal,” pungkasnya, [Ril].

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Rilis PLN Calang