Bunda PAUD Aceh Jaya Implementasikan RTL ke SD

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Guna mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, Pj.Bunda PAUD Zuraidiati bersama POKJA PAUD serta Jajaran Disdikbud Aceh Jaya mengimplementasikan di daerah Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Pj. Bunda PAUD Kabupaten Aceh Jaya, Zuraidiati mengatakan sejumlah aksi telah dilakukan dirinya ketika pada bulan Maret 2023 Kemendikbudristek meluncurkan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan menerbitkan Surat Edaran kepada Dinas Pendidikan.

“Kami berpedoman dari Surat Edaran serta buku pedoman Transisi PAUD ke SD yang telah disiapkan. Saya selaku Bunda PAUD meminta Kepala Dinas Pendidikan menindaklanjuti dan meminta bapak Bupati juga membuat regulasi terkait penghapusan tes calistung di Sekolah Dasar. Juga kami segera membentuk Forum Komunikasi Transisi PAUD ke SD,” papar Zuraidiati.

Zurairiati mengaku semenjak menjadi Pj Bunda PAUD, Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda di Kabupaten Magetan program Pendidikan Anak Usia Dini menjadi prioritas utama karena menyiapkan generasi emas Indonesia harus dilakukan sejak anak masih usia dini 0 hingga 8 tahun.

Sementara itu, Bunda PAUD Kabupaten Aceh Jaya dalam kunjungannya ke sejumlah satuan pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar yang ada di sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya mengumpulkan sejumlah pemangku kepentingan sekolah untuk menjelaskan pentingnya Transisi PAUD ke SD.

Seperti yang dilakukannya di TK penbina Kecamatan Krueng Sabee dalam rangka “90 Menit Bersama Bunda Paud”. Menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini memiliki peran penting dalam hal mendasar pembentukan karakter anak.

“Anak usia dini bagaikan kertas kosong yang siap ditulisi apapun diatasnya, untuk itu orangtua dan guru berperan untuk mengisi dan membentuknya,” kata Zuriadiati

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Bunda Paud Aceh Jaya yaitu mendukung pemerintah dalam melakukan intervensi di tingkat daerah maupun satuan pendidikan.

Terdapat 9 aksi nyata Bunda Paud Nias Selatan bersama Dinas pendidikan dalam mendukung program transisi Paud ke SD yang menyenangkan yaitu:

1. Menyampaikan surat edaran transisi Paud SD di satuan Pendidikan Paud dan SD.

2. Pemasangan baliho kampanye transisi Paud SD yang menyenangkan di pusat Kota di Kabupaten Aceh Jaya.

3. Pemasangan spanduk kampanye transisi Paud SD yang menyenang diseluruh satuan Paud dan SD di Kabupaten Aceh Jaya.

4. Membuat dan mengupload video pendek Siap mendukung transisi Paud SD yang menyenangkan” yang dilakukan secara bersama oleh Pj Bunda Paud, PJ Bupati, Sekda dan Kadis Disdikbud Aceh Jaya, serta Guru Kabupaten Aceh Jaya dan semua tokoh Pendidikan serta satuan Pendidikan.

5. Pemasangan spanduk kampanye transisi Paud SD yang menyenangkan di Dinas

6. Dalam pelaksanaan transisi Paud ke SD yang menyenangkan ini, ada 3 target yang harus dicapai diantaranya :

7. Menghilangkan tes Calistung dari proses PPDB pada pendidikan dasar (SD/MI).

8. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama.

9. Menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak yang dibangun secara kontinu dari Paud hingga kelas dua pada pendidikan dasar.

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya