Pj Bupati Aceh Jaya Luncurkan 10 Sekolah Umum Berbasis Agama

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Jaya meluncurkan program Sekolah Umum Berbasis Agama (SUBA). Peluncuran SUBA dilakukan secara simbolis yang berlangsung di SMP Negeri 1 Panga, Aceh Jaya, Jum’at, 28 Juli 2023.

Program inovatif ini bertujuan untuk mendorong integrasi pendidikan keagamaan di lingkungan sekolah-sekolah umum yang ada di kabupaten Aceh Jaya.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Jaya, Nurdin menyampaikan pentingnya integrasi pendidikan keagamaan untuk anak-anak usia sekolah yang sedang menempuh pendidikan di sekolah-sekolah umum.

“Hari ini kita mendorong integrasi pendidikan keagamaan di sekolah-sekolah umum yang kita beri nama Sekolah Umum berbasis agama (SUBA),” kata Nurdin dalam keteranganya yang diterima Habakini.com, Sabtu, 29 Juli 2023.

Menurutnya, program SUBA ini akan memberikan tambahan pelajaran agama kepada anak-anak, terutama yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan agama di tempat-tempat seperti dayah maupun tempat pengajian lainnya di lingkungan mereka. Dengan adanya tambahan pelajaran agama, anak-anak di sekolah umum tetap bisa mendapatkan pendidikan agama, khususnya agama Islam.

Dr. Nurdin juga menekankan bahwa program ini bertujuan untuk mengurangi disparitas pemahaman keagamaan antara anak-anak yang sekolah di pendidikan dayah dengan anak-anak yang sekolah di sekolah umum.

“Ini yang pertama kita launching di sekolah-sekolah. Jadi satu kecamatan hanya satu sekolah kita pilih. Kecuali di kecamatan Krueng Sabee kita pilih dua sekolah. Jadi total semuanya ada 10 sekolah di Aceh Jaya,” ungkapnya.

Nurdin juga mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi dan penyempurnaan hasil kegiatan di sekolah-sekolah berbasis agama ini.

“Jika prosesnya berjalan lancar dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk DPRK, Tokoh Pendidikan di Aceh Jaya, masyarakat, orang tua, wali murid, dan para guru, sehingga program ini dapat diterapkan pada tahun ajaran ini,” futur Nurdin.

“Kita berharap pendidikan keagamaan di Aceh Jaya dapat semakin terintegrasi dan menyamakan pemahaman keagamaan bagi seluruh anak-anak di wilayah kabupaten tersebut. Semua pihak diharapkan dapat mendukung program ini demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan,” pungkasnya.

Berikut adalah 10 sekolah yang akan melaksanakan program SUBA ini yakni SMP Negeri 1 Pasie Raya, SMP Negeri 1 Teunom, SMP Negeri 1 Panga, SMP Negeri 1 Krueng Sabee, SMP Unggul Calang, SMP Negeri 1 Setia Bakti, SMP Negeri 1 Darul Hikmah, SMP Negeri 1 Sampoiniet, SMP Negeri 1 Indra Jaya dan SMP Negeri 1 Jaya, [].

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya