Lagi, Para Keuchik di Aceh Jaya akan Study Contoh ke Yogyakarta

Redaksi
Salah satu objek wisata Umbul yang ada di desa Ponggok Yogyakarta. Sumber Foto: Posjateng.id

Habakini | Aceh Jaya – Sebanyak 172 Keuchik dalam kabupaten Aceh Jaya dikabarkan akan kembali melakukan study contoh ke luar daerah.

Kali ini direncanakan ke Desa Ponggok Yogyakarta untuk keperluan study contoh dibidang pengembangan wisata.

Sebelumnya, sebanyak para Keuchik di kabupaten Aceh Jaya juga sudah melakukan Study Contoh ke Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat pada Juni 2022.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Aceh Jaya, Teuku Ali Munir membenarkan jika pihaknya bersama para Keuchik akan melaksanakan study contoh ke desa Ponggok, Yogyakarta pada tahun 2023.

“Iya benar, biar Keuchik kita bisa melihat langsung kemajuan di desa orang, sehingga bisa jadi pedoman untuk memajukan desa masing-masing,” kata Munir di Calang, Sabtu, 29 Juli 2023.

“Saat ini kita sedang menunggu surat balasan kesediaan dari pihak desa Ponggok Yogyakarta dan Kementerian sesuai kesepakatan bersama para Keuchik,” tambahnya.

Menurutnya, ada beberapa agenda yang berbarengan dengan kegiatan Study Contoh di Yogyakarta, seperti kunjungan ke Kementerian terkait pencegahan stunting, dan juga jika memungkinkan akan ke DPR RI di Senayan Jakarta.

Munir mengaku perdesa yang ingin ikut serta dalam kegiatan Study Contoh ke Yogyakarta wajib menyetor uang sebesar Rp15 juta perorang kepada pihak ketiga untuk keperluan selama kegiatan termasuk tiket dan hotel selaku pihak yang mengelola kegiatan.

“Tergantung desa berapa orang yang ikut, untuk satu orangnya Rp15 juta, dan jika ada desa yang tidak bersedia ikut juga tidak masalah, tidak ada paksaan,” ungkap Munir.

“Supaya lebih efektif, Study Contoh ini kita rencanakan 2 atau 3 gelombang, bagi desa yang belum mengalokasikan anggaran bisa menganggarkan di APBG Perubahan 2023 sehingga bisa ikut serta pada gelombang kedua atau ketiga nantinya,” pungkasnya, [].

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur