Tiga Petarung Muaythai Sumbar Lolos PON Aceh – Sumut

Redaksi

Habakini | Surabaya – Diluar dugaan, cabang olahraga Muaythai Sumbar (Sumatera Barat) berhasil meloloskan tiga petarungya menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh – Sumut.

Rasa bangga dan haru itu sebagaimana di sampaikan Pelatih Muaythai (MI) Sumbar, Serda Adi Mulya dari Satuan KODIM O308/PRM Sekaligus Babinsa Koramil 09/Batang Anai yang di dampingi oleh pelatih Sumbar Rangga Abdilah.

“Ini perjuangan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Semua atlet bertarung mati-matian demi harga diri untuk lolos PON,” kata Serda Adi Mulya dari Surabaya, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Kata Serda Adi, berbagai halangan dan masalah dilalui dengan selamat, petarung Sumbar tersebut membuktikan mereka mampu untuk lolos PON 2024 mendatang. Tiga atlet yang lolos itu adalah, Andika Mandala Darma kelas 43 Kg, Rama kelas 60 Kg dan Ronal kelas 63,5 Kg.

Serda Adi Mulya melaporkan bagaimana ketatnya perjuangan petarung Sumbar menghadapi lawannya. Sebelum melaju ke semifinal menghadapi NTB Andika menaklukan prov Riau dan atlit unggulan tuan rumah Jatim. Kemudian di semifinal berhadapan dengan NTB.

Namun sayang, pada ronde pertama Andika dibekap cedera, kakinya berbenturan dengan lawan. Demi keselamatan diputuskan menghentikan pertandingan.

“Target kita hanya lolos PON kalau dipaksakan akan berakibat fatal, biarlah mendapat medali perunggu,” jelas pelatih.

Nasib yang sama juga dialami oleh Rama di semifinal tidak biasa tampil karena mengalami cedera paha yang sangat serius.

“Kita sengaja tidak tampil di semifinal takut cedera parah. Target sudah tercapai meski dapat dua medali perunggu,” ujarnya.

Sedangkan, Ronal yang juga anggota Polda Sumbar berhasil mencapai target lolos PON berada pada ranking enam. Jadi perjuangan petarung Sumbar benar-benar berdarah-darah demi mendapatkan selembar tiket lolos PON XXI,” sebut Serda Adi mulya.

“Terimakasih kami ucapkan kepada masyarakat Sumbar sudah memberi dukungan dan do’a agar anak2 kita di beri ke selamatan dan kesuksesan di pertandingan,” pungkas Serda Adi Mulya, [Ril].

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur