Umum  

Ketua ISAL Ajak Santri Dan Masyarakat Kecamatan Arongan Lambalek Melihat Rukyatul Hilal Bersama

Tim Redaksi

Habakini| Meulaboh – Ketua Ikatan Santri Arongan Lambalek (ISAL), Jamhur, mengajak masyarakat Kecamatan Arongan Lambalek, untuk melihat Rukyatul Hilal Untuk persiapan menyambut bulan suci Ramadhan pada Senin sore tanggal 11 Maret 2024 di Desa Suak Geudeubang, kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat, Senin(4/3/2024).

Kata Jamhur Rukyatul hilal merupakan pengamatan atau observasi terhadap hilal. Hilal juga merupakan lengkungan bulan sabit paling tipis yang berkedudukan pada ketinggian rendah di atas ufuk barat pasca matahari terbenam (ghurub) dan bisa diamati untuk menentukan kapan mulainya ibadah Puasa Bulan suci Ramadhan.

“Rukyatul hilal merupakan syi’ar bagi semua, agar bisa melihat penentuan kapan mulainya kita berpuasa di bulan suci Ramadhan,”ujar Jamhur.

Maka dengan itu, Jamhur ikut mengajak masyarakat Kecamatan Arongan Lambalek untuk melihat hilal bersama-sama di Gedung Rukyatul hilal di Desa Suak Geudeubang.

“Jika memang terjadi perbedaan, kita disini ada para alim ulama tentu nya kita mengikuti arahan para ulama , terutama di Kabupaten Aceh Barat ada Abu haji Mahmuddin Usman selaku ulama sepuh Aceh barat yang perlu kita ikuti , kita mengikuti saja arahan nya, karena beliau lebih mengerti terkait hilal,”ucap Jamhur.

Jamhur juga menyebutkan, berdasarkan kalender Hijriah 2024 yang disusun oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, bulan Ramadan dimulai pada tanggal 12 Maret 2024. Dengan demikian, jika dihitung mundur mulai dari hari ini, Jumat 4 Maret 2024, bulan Ramadan 2024 sisa 8 hari lagi.

Meski demikian menurut Jamhur, masyarakat perlu juga melihat langsung, seperti dalam hadist di sebutkan “Berpuasalah kamu karena melihat hilal dan berbukalah kamu karena melihat hilal, jika terhalang maka genapkanlah (istikmal), Riwayat Bukhari dari Abdullah ibn Umar R.A.

“Melihat Rukyatul hilal merupakan sebuah silaturahmi yang tak terhingga dalam Islam dimana kita dipertemukan di depan pintu ramadhan dengan saudara muslim yang lainya,”ungkap Jamhur.