Umum  

PUPR Aceh Barat Bangun 600 Toilet Untuk Masyarakat, Antisipasi Cegah Penyakit

Tim Redaksi

Habakini| Meulaboh – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat, bangun 600 Toilet untuk masyarakat miskin di kabupaten setempat, yang dikelola langsung oleh pihak desa yang terdata pada tahun lalu, Senin (22/4/2024).

Kepala PUPR Aceh Barat, Kurdi mengatakan pembangunan tersebut dilakukan guna mendorong hidup layak dan bersih bagi masyarakat.

“Dengan adanya toilet/jamban tersebut dapat mencegah munculnya penyakit yang mempengaruhi kesehatan akibat lingkungan tidak terawat dengan baik,” kata Kurdi kepada habakini.com.

Kurdi menyebutkan pembuatan toilet tersebut upaya pemerintah agar masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan yang layak, sehingga tercipta lingkungan bersih dan bebas penyakitm

Selain itu, sanitasi buruk berisiko meningkatkan potensi penularan penyakit. Seperti diare, kolera, disentri, tipus, infeksi cacing usus, dan polio.

Kurdi menyatakan sebaran 600 unit jamban itu yakni di Gampong Drien Rampak, Kecamatan Arongan Lambalek 50 unit, Padang Jawa Kecamatan Woyla 50 unit.

Selanjutnya Gampong Penia dan Simpang, Kecamatan Kaway XVI masing-masing 50 unit, Gampong Lango, Kecamatan Pante Cermen 50 unit.

Lalu, Gunong Panah 50 unit, Blang Sibetong 50 unit dan Suak Pangkat 50 unit di Kecamatan Bubon. Gunong Mata Ie 50 unit, Cot Manggi 50 unit, Kuala Manyeu 50 unit di Kecamatan Panton Reu, Gampong Lancong di Kecamatan Sungai Mas sebanyak 50 unit.

“Harapannya bisa dimanfaatkan dengan baik dan penerima manfaat terbantu mendapatkan sanitasi yang layak,” imbuh Kurdi, (*).

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur