Umum  

PKBM BTT Mandiri Selesai Gelar Ujian Kesetaraan Program Pendidikan Kesetaraan

Redaksi

ACEH JAYA – Pusat Kegiatan Masyarakat (PKBM) BTT Mandiri selesai menggelar ujian kesetaraan program pendidikan kesetaraan tahun 2024, kegiatan tersebut diadakan di SMA Negeri 1 Calang, Sabtu 25 Mei 2024.

Uji kesetaraan adalah penyetarakan hasil pendidikan nonformal dengan pendidikan form serta pengakuan hasil pendidikan informal sama dengan pendidikan formal dan nonformal untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah PKBM BTT Mandiri merupakan salah satu pusat kegiatan belajar masyarakat yang telah memilliki Sertifikat Akreditasi B dari badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini pendidikan nonformal (BAN PAUD – PNF).

Dalam kesempatannya, Zulfiati Selaku Kepala PKBM BTT Mandiri mengatakan, pelaksanaan ujian tersebut dibagi menjadi tiga yakni,
Ujian Paket C atau ujian kesetaraan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ujian Paket B atau ujian kesetaraan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan ujian Paket A atau ujian kesetaraan Sekolah Dasar (SD) dengan rincian peserta yang telah selesai mengikuti pada Mei 2024 sebagai berikut: Paket A = 11 Orang; Paket B = 17 Orang; dan Peket C = 42 Orang.

Ujian Kesetaraan tersebut dimonitoring langsung Dinas Pendidikan Aceh dalam hal ini Kabid SMA dan Kabid Paud dinas Pendidikan kabupaten Aceh Jaya.

“Jika ada yang ingin mendaftar sekolah tanpa batasan usia, tanpa memandang status sosial, Paket A, Paket B, dan Pake C, bisa menghubungi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) BTT Mandiri, Desa Gampong Pantoen makmur, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, atau bisa hubungi WA di 082271240907 – 082225610463 dan website https://sites.google.com/view/pkbmbttmandiri/pkbm-btt-mandiri ” paparnya.

Dirinya juga berharap, ke depan agar masyarakat luar lebih sadar akan adanya pendidikan non-formal yang bisa ditempuh sebagai solusi mengenyam pendidikan baik bagi anak-anak yang homeschooling dan masyarakat yang mau belajar, (*).

Penulis : SN
Editor : Redaktur