Umum  

Bertemua AHY, Mualem Bahas Lahan Eks Kombatan yang Tak Kunjung Usai

Redaksi

JAKARTA – Ketua Komite Peralihan Aceh sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Aceh (DPP-PA) H Muzakir Manaf atau yang akrab disapa Mualem bertemu dengan Menteri Agrariadan Tata Ruang (ATR) Republik Indonesia di Jakarta.

Jubir Partai Aceh, Nurzahri saat di konfirmasi pada Rabu (29/5/2024) mengatakan bahwa pertemuan tersebut berlangsung dirumah Dinas Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Selasa, 28 Mei 2024 malam pukul 20.30 Wib.

Mualem di dampingi oleh Nurzahri (jubir PA), Zulfadli (ketua DPRA), Tarmizi (ketua fraksi PA), Nurlis Meko (ketua tim penjaringan PA).

Sedangkan AHY di dampingi oleh T Rifki Harsya (sekjen DPP Demokrat), Muslim (ketua DPD Demokrat Aceh, Rian syaf (pengurus DPP Demokrat).

Menurut Nurzahri, pertemuan tersebut  Mualem menyampaikan persoalan lahan kombatan yang sampi saat ini belum juga terealisasi padahal perdamaian Aceh sudah hampir memasuki masa waktu 20 tahun,

Berbagai upaya sudah di tempuh antara pihak GAM dan Pihak Pemerintah Pusat tapi selalu terbentur dengan rumitnya birokrasi di pemerintahan, di sisi lain kesejahteraan para mantan kombatan saat ini sedang berada di titik nadir.

Oleh karena itu Mualem berharap agar AHY yang saat ini menjabat sebagai Menteri ATR dan reformasi agraria dapat mencari solusi terhadap persoalan ini.

Mualem memiliki keyakinan jika AHY mampu menyelesaikan persoalan ini mengingat AHY merupakan putra SBY yang merupakan tokoh perdamaian Aceh dan juga secara pribadi merupakan menteri yg saat ini memiliki kinerja yg sangat luar biasa bahkan mendapatkan apresisi langsung dari Jokowi.

Selain masalah lahan kombatan, Mualem juga menyampaikan persoalan Perkembangan Pilkada Aceh. Dimana saat ini mualem merupakan satu-satunya calon Gubenur yg telah memiliki persyaratan yg cukup untuk maju. Akan tetapi mualem juga memiliki keinginan agar semua kekuatan politik di Aceh bisa bersatu sehingga tidak lagi perlu bertengkar secara politik tetapi secara bersama-sama membangun Aceh.

Sambung Nurzahri, Sementara itu, AHY dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa terkait masalah lahan kombatan. Kementerian ATR di bawah pimpinannya telah memasukkan persoalan lahan Kombatan GAM kedalm daftar Progran Strategis Nasional yang akan di selesaikan secepatnya, dan itu merupakan komitmen AHY selaku orang yg berhubungan langsung dengan perdamaian Aceh dan juga amanah dari 2 orang presiden yaitu presiden SBY dan Presiden Jokowi.

Terkait masalah pilkada Aceh, AHY juga sepakat dengan ide dan konsep yang di sampaikn oleh mualem, bahwa Aceh harus di bangun secara bersama-sama. Demokrat menyatakan kesiapannya untuk bersama-sama dengan mualem dan Partai Aceh untuk mewujudkannya serta mendukung penuh proses pencalonan mualem sebagai calon gubernur, (*).

Penulis : SN
Editor : Redaktur