Plt Sekda Aceh Timur Mengalungkan Medali Emas Cabor Pencak Silat

Plt Sekda Aceh Timur T.Reza Rizki mengalungkan mendali emas kepada salah satu pemenang atlet pencak silat di Komplek Idi Sport Center (ISC) Aceh Timur di Idi, Jumat (12/7/2024)foto-istimewa.

Aceh Timur- Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Timur T. Reza Rizki menghadiri acara penutupan sekaligus mengalungkan medali kepada atlet cabang Olahraga Pencak Silat di gedung IDI Sport Center ( ISC ), Jum’at,12 Juli 2024.

“Cabor Pencak silat dinilai telah memiliki seluruh elemen yang membentuk Warisan Budaya Takbenda. Ini sebuah kebanggaan bagi seluruh atlet yang telah merawat dan melestarikannya dengan baik,” kata Plt Sekda Aceh Timur T.Reza Rizki.

Reza mengapresiasi seluruh atlet yang telah bertanding dengan menjunjung tinggi sportifitas hingga akhir pertandingan.

“Selamat bagi yang menorehkan juara dan jadilah atlet yang mengukir prestasi di berbagai kelas. Untuk yang belum juara asah terus kemampuannya sehingga dapat meningkat prestasinya di masa depan,” kata Reza.

Tradisi bela diri ini terdiri dari tradisi lisan, seni pertunjukan, ritual dan festival, kerajinan tradisional, pengetahuan dan praktik sosial, serta kearifan lokal.

Untuk diketahui  tradisi pencak silat sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda pada 2019 silam di acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia.

“Pencak silat sendiri diakui UNESCO telah menjadi identitas sekaligus pemersatu bangsa. Budaya ini mengandung nilai-nilai persahabatan, sikap saling menghormati, dan juga sportifitas,,” kata Plt Sekda Aceh Timur T.Reza Rizki.

Exit mobile version