Umum  

PT SBA Gandeng Islamic Relief Bangun Rumah Layak Huni di Aceh Besar

Redaksi

Aceh Besar – PT Solusi Bangun Andalas (SBA) bersama Islamic Relief Indonesia lakukan peletakan batu pertama untuk bantuan rumah layak huni tahan gempa di Gampong Lampaya dari 7 Unit Bantuan Rumah Layak Huni yang akan dibangun di Kecamatan Lhoknga dan Leupung, Rabu 24 Juli 2024.

Rumah layak huni dan tahan gempa ini merupakan kerjasama antara PT Solusi Bangun Andalas dengan Islamic Relief Indonesia dan Baitul Mal Aceh Besar. Program Pembangunan rumah layak huni dan tahan gempa ini menyasar pada keluarga kurang mampu dengan kondisi rumah yang tidak layak huni.

Adapun total keseluruhan rumah yang akan dibangun di provinsi Aceh berjumlah 69 unit rumah, yang diantaranya 14 unit di Kabupaten Aceh Utara dan 55 unit di Kabupaten Aceh Besar.

“Untuk Kabupaten Aceh Besar di beberapa kecamatan dan khusunya untuk Kecamatan Lhoknga dan Leupung mendapatkan 7 unit Rumah sesuai hasil verifikasi lapangan bersama yang dilakukan oleh Islamic Relief Indonesia, Baitul Mal Aceh Besar dan PT. Solusi Bangun Andalas. Ujar Ibu Dewi, Comrel Coordinator PT. SBA disela peletakan batu pertama.

Lanjut Dewi, Kami sangat bersyukur berkat kerjasama ini mendapatkan lebih banyak penerima manfaat bantuan rumah layak huni dan tahan gempa guna memberikan tempat tinggal yang baik dan layak bagi keluarga yang kurang mampu dilingkungan Plant PT SBA di Kecamatan Lhoknga dan Leupung, tutupnya.

Sementara itu Coordinator Islamic Relief Indonesia, Yusrizal Puteh mengatakan, Kerjasama dengan berbagai sektor, baik pemerintahan maupun swasta terus dilakukan, dalam upaya mengentaskan permasalahan mendasar, yakni tempat tinggal yang baik, layak dan aman bagi keluarga yang membutuhkan.

Tentunya, sejalan dengan apa yang biasa dilakukan oleh PT. SBA. Yusrizal juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin antara Islamic Relief dengan PT. SBA, dan mempunyai tekat bersama untuk mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Besar.

Ia menambahkan, Islamic Relief Indonesia saat ini telah membangun 5 unit rumah layak huni dan tahan gempa, yang tersebar di beberapa kecamatan antara lain, Peukan Bada, Darul Imarah dan Suka Makmur. Untuk saat ini, selanjutnya 50 unit rumah layak huni dan tahan gempa sudah di mulai proses pembangunannya di Aceh Besar.

Oleh sebab itu, Wacana ini sudah masuk di dalam plan bantuan kemanusiaan Islamic Relief Indonesia khususnya di kantor wilayah Aceh. Pembangunan model rumah dimaksud Islamic Relief Indonesia mendapatkan dukungan dari kantor negara Islamic Relief Australia dan Islamic Relief UK. Selain itu juga mendapatkan dukungan dari PT. Solusi Bangun Andalas (SBA), serta Baitul Mal Kabupaten Aceh Besar.

“Bantuan rumah layak huni tahan gempa type 36 M² ini merupakan donasi zakat dari para muslim yang ada di Australia dan Inggris, Selain rumah, Islamic Relief juga memberikan peralatan rumah tangga yang bernilai 6.500.000. Dana ini di peruntukan kepada penerima manfaat untuk dapat memilih kebutuhan dasar rumah tangga yang diperlukan,” tutupnya.

Adapun saat peletakan batu pertama turut dihadiri Keuchik Gampong Lampaya, Tim Islamic Relief Indonesia, Perwakilan Baitul Mal Aceh Besar dan perangkat Gampong setempat.(*)

Penulis : Aswar
Editor : Redaktur