Penutupan PKD Aceh Jaya II Tahun 2024: Memperkuat Kekayaan Budaya Lokal

Aceh Jaya – Penjabat Bupati Aceh jaya, Dr. A. Murtala yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Jaya, Abdul Jabar secara resmi menutup Pekan Kebudayaan Daerah Aceh Jaya ke-II Tahun 2024 di Taman Memorial Tsunami, Calang pada Rabu, 10 Juli 2024.

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini sukses menghadirkan kekayaan budaya Aceh Jaya melalui berbagai kegiatan yang mengagumkan.

Dalam sambutannya, Abdul Jabar, yang mewakili Pj Bupati Aceh Jaya, mengungkapkan, “Selama beberapa hari ini, kita telah disuguhkan berbagai kegiatan yang menampilkan kekayaan budaya Aceh Jaya. Dari tarian tradisional yang mempesona, musik yang menghentak jiwa, semua ini memperlihatkan betapa kayanya warisan budaya kita.”

Abdul Jabar juga menekankan pentingnya acara ini sebagai langkah awal untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal.

“Marilah kita dorong generasi muda untuk mencintai dan menghargai warisan budaya mereka, sehingga kekayaan budaya ini dapat terus hidup dan berkembang seiring berjalannya waktu.” Ujarnya

Acara yang diikuti oleh 156 peserta dari berbagai kecamatan di Aceh Jaya ini menampilkan beragam kompetisi budaya, dengan penghargaan yang diberikan kepada para pemenang sebagai berikut:

Kategori Lomba Musik Kreasi:
– Juara I: SMP Negeri 1 Calang (Teuku Umar)
– Juara II: SMP Negeri Unggul Calang (Lampoh Nilam)
– Juara III: SMK Negeri 1 Calang (Budaya Tanyo)

Kategori Lomba Tari Kreasi:
– Juara I: Sanggar Meureudam Dewi (Tudong Nipah)
– Juara II: SD Negeri 1 Jaya (Waktu)
– Juara III: SD Negeri 1 Indra Jaya (Ranup Lampuan Seurune Kalee)

Kategori Lomba Peuayon Aneuk:
– Juara I: Isnani
– Juara II: Vathia Nurhasanah
– Juara III: Kasmalailan

Kategori Lomba Seumapa:
– Juara I: Rusdi
– Juara II: Wanda Agusti Melanda
– Juara III: Muhammad Damiri

Acara penutupan ini tidak hanya menjadi momentum untuk mengapresiasi para pemenang, tetapi juga sebagai kesempatan untuk merayakan keberagaman budaya yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh Jaya.

“Semoga kegiatan semacam ini dapat terus menginspirasi dan memperkuat rasa kebersamaan dalam melestarikan warisan budaya yang berharga bagi generasi mendatang,” ucapnya, (Adv).

Exit mobile version