Umum  

Tanaman di Ganggu Gajah, Forum Kecamatan Pasie Raya Audiensi dengan Pemkab

Redaksi

ACEH JAYA – Forum Keuchik atau APDESI (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Kecamatan Pasie Raya lakukan audiensi dengan jajaran Pemkab Aceh Jaya terkait penanganan masalah gajah yang beberapa hari belakangan ini kembali meresahkan warga di wilayah Kecamatan Pasie Raya. Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Sekda Aceh Jaya, Senin 19 Agustus 2024.

Audiensi yang dilakukan dengan Pj. Sekda Aceh Jaya, dihadiri Asisten I dan Asisten II, Kadis Pertanian, Kabag Ekonomi, Sekretaris Kecamatan Pasie Raya dan Plt. Kasi Pembangunan serta Kabid DLH Kabupaten Aceh Jaya ini dilakukan dengan tujuan agar bisa ditemukan solusi konkrit dari Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya terkait beberapa permasalahan gajah yang telah merusak tanaman perkebunan warga dan lahan pertanian serta area air bersih yang terdapat di wilayah Kecamatan Pasie Raya khususnya bahkan sudah mengancam jiwa masyarakat.

Permasalahan gajah ini menurut penuturan beberapa Keuchik dalam Kemukiman Sarah Raya, Kecamatan Pasie Raya sudah sangat klasik dan seperti terjadi pembiaran oleh BKSDA dan pihak-pihak terkait, sehingga bila tidak ada upaya penanganan serius ditakutkan masyarakat nanti akan mengambil jalan pintas menurut cara mereka sendiri akibat jiwa sudah merasa terancam.

“Maka kami hari ini menghadap Bapak Sekda serta beberapa dinas teknis terkait, agar masalah gajah ini segera ada solusi konkrit supaya masalah konflik antara gajah dan manusia bisa dihindari dan masyarakat pun bisa melaksanakan aktivitas perkebunan dan pertanian dengan tenang,” ucap Keuchik Gampong Buket Keumuneng, Syaharman.

“Kami sangat memohon agar ada perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, BKSDA Provinsi Aceh dan Kementerian Lingkungan Hidup,” tambahnya.

Pertemuan tersebut turut hadir Ketua APDESI Pasie Raya M. Doni, BA, Keuchik Ceuraceu Rudi Gunawan, Keuchik Alue Punti, Abud Syukur dan Keuchik Alue Jang, Dedi Rosadi, (*).

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur