Umum  

Lampu Penerangan Jalan di Kota Calang Mati, LSM Minta DPRK Panggil Pihak Terkait

Redaksi
Kondisi salah satu lampu penerangan jalan umum di simpang Gunung Keutapang, Calang. Foto: Abdo Rani.

ACEH JAYA – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kita Peduli meminta Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Kabupaten Aceh Jaya untuk memanggil pihak Dinas Perhubungan dan Kehutanan (Dishubtan) dan Perusahan Listrik Negara (PT PLN Persero) terkait penyuplai listrik Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kota Calang.

“Kami minta Dewan segera panggil dinas terkait dan pihak PLN terkait penyuplai listrik PJU di Kota Calang yang sudah lama mati tidak diperbaiki,” kata Ketua LSM Kita Peduli, Abdo Rani kepada Habakini.com, Rabu 21 Agustus 2024.

Baca juga: Cuaca Ekstrim Landa Aceh Jaya, Kasat Lantas Imbau Pelintas Hati-Hati

Menurut Abdo, keadaan di saat malam hari terutama di seputaran Kota Calang terlihat gelap gulita, tentunya karena lampu penerangan jalan yang mati dan tidak di diperbaiki.

“Informasi kami terima, lampu PJU mati tapi daya tetap dihitung sehingga ini berdampak bagi daerah, waktu kita tanya sama tim teknis PLN di lapangan bahwa itu ranahnya Dishubtan,” ungkap Abdo.

Oleh sebab itu, Abdo meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui pihak terkait untuk serius mengatasi masalah ini, dan DPRK Aceh Jaya bisa membuat pansus sehingga persoalan ini tidak berlarut-larut.

Baca juga: Aceh Jaya Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang, Warga Diimbau Lebih Hati-hati

Sementara Kepala Dishubtan, Masri mengatakan bahwa PJU tersebut sudah pernah di perbaiki seminggu yang lalu, akan tetapi karena cuaca ekstrim menyebabkan mati.

Namun demikian, pihak dinas juga sudah mengkonfirmasi kepada pihak ke tiga untuk segera dilakukan perbaikan serta dicek kembali dititik mana saja yang mengalami kerusakan.

“Sudah kita konfirmasi lagi supaya segera diperbaiki sehingga PJU cepat kembali normal seperti semula, tentunya bisa menghiasi keindahan di malam hari dan memang dibutuhkan oleh masyarakat umum,” pungkas Masri, (*).

Penulis : Aswar
Editor : Redaktur