Hukum  

Polres Aceh Jaya Gelar Simulasi Sispamkota, Kesiapan Pengamanan Pilkada 2024

ACEH JAYA – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Polres Aceh Jaya menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai bagian dari upaya untuk memastikan keamanan dan kelancaran proses pemilihan di Kabupaten Aceh Jaya. Simulasi ini berlangsung di kompleks perkantoran Bupati Aceh Jaya pada Jum’at, 23 Agustus 2024.

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Andy SumarPta, melalui Wakapolres Aceh Jaya, Kompol Suryadi, menjelaskan bahwa simulasi Sispamkota ini bertujuan untuk mempersiapkan langkah-langkah pengamanan secara menyeluruh pada setiap tahapan Pilkada 2024.

“Simulasi ini kami gelar sebagai gambaran utuh rangkaian pengamanan pada setiap tahapan Pilkada 2024. Dalam simulasi ini, kami memperlihatkan berbagai skenario yang mungkin terjadi selama proses pemilihan, mulai dari pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan kantor KIP, hingga respon cepat terhadap situasi darurat seperti unjuk rasa yang berpotensi berujung aksi anarkis,” ujar Kompol Suryadi.

Lebih lanjut, Kompol Suryadi menegaskan bahwa melalui simulasi ini, Polres Aceh Jaya, bersama dengan instansi terkait, telah siap sepenuhnya untuk menghadapi berbagai kemungkinan selama tahapan Pilkada 2024.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkada nanti dapat berjalan sukses dan lancar, dalam situasi yang aman, damai, dan sejuk,” tambahnya.

Simulasi Sispamkota ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Latihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Praja Seulawah 2024, yang juga mencakup pembekalan materi dan pelatihan tactical floor game (TFG). Semua persiapan ini ditujukan untuk menghadapi setiap situasi yang mungkin terjadi pada setiap tahapan Pilkada 2024.

“Dengan adanya simulasi ini, diharapkan seluruh personel dapat memahami situasi yang mungkin terjadi di lapangan dan mengetahui langkah-langkah serta tindakan yang tepat dalam berbagai kondisi,” tutup Kompol Suryadi.

Polres Aceh Jaya berkomitmen untuk memastikan keamanan dan kelancaran selama proses Pilkada 2024, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan tenang dan seluruh tahapan pemilihan dapat berlangsung dalam suasana yang kondusif, (*).

Exit mobile version