Pj Bupati Aceh Jaya Launching Program “Genius” Tahun 2024

ACEH JAYA – Penjabat (Pj.) Bupati Aceh Jaya, A. Murtala resmi meluncurkan secara simbolis program Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi untuk Siswa (Genius) di SD Negeri 3 Calang pada Senin, 26 Agustus 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan kewaspadaan pangan dan gizi di kalangan siswa sekolah dasar.

Turut hadir Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Kabupaten Aceh Jaya, Plh. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Jaya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Plh. Kaban Bapperida Kabupaten Aceh Jaya, Para Kepala Sekolah dari Sekolah yang memperoleh Program Genius Tahun 2024, para guru dan siswa SD Negeri 3 Calang, dan unsur terkait lainnya.

Program Genius yang diluncurkan oleh Badan Pangan Nasional ini dilaksanakan di 30 kabupaten/kota pada 10 provinsi di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Aceh. Di Provinsi Aceh, program ini dilaksanakan di tiga kabupaten yaitu Aceh Besar, Aceh Jaya, dan Aceh Barat, dengan kerjasama antara Badan Pangan Nasional dan Dinas Pangan Aceh.

Launching Genius dilakukan serentak di seluruh Indonesia dan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pangan Nasional di GOR Biduk Kajang, Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, di Aceh Jaya, Pj. Bupati Murtala secara simbolis membuka program ini di SD Negeri 3 Calang.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Murtala menyatakan bahwa program Genius adalah sebuah inisiatif penting untuk masa depan anak-anak di Aceh Jaya.

“Hari ini kita meluncurkan sebuah program penting untuk masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kita. Genius bukanlah sekadar program pemerintah, tetapi sebuah gerakan bersama yang lahir dari kepedulian dan tekad kita untuk memastikan bahwa setiap anak di Aceh Jaya memiliki kesempatan yang sama untuk tumbuh menjadi pribadi yang sehat, cerdas, dan berdaya saing,” ujar Murtala.

Program Genius dirancang dengan pendekatan yang holistik, tidak hanya memberikan kudapan bergizi, tetapi juga dilengkapi dengan edukasi gizi untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pola makan sehat. Edukasi ini ditujukan tidak hanya untuk siswa, tetapi juga untuk orang tua, karena dukungan keluarga dianggap sebagai kunci keberhasilan program ini.

Selain itu, program ini juga mencakup edukasi tematik yang melibatkan siswa dan orang tua, dengan fokus pada nilai-nilai penting lainnya seperti kebersihan, disiplin, dan tanggung jawab. Murtala berharap program ini dapat menjadi gerakan yang lebih besar yang melibatkan seluruh komunitas dalam upaya bersama untuk menciptakan generasi yang lebih baik.

Murtala juga menekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi dari semua pihak, termasuk pemerintah, sekolah, guru, orang tua, hingga masyarakat luas, untuk mendukung kesuksesan program Genius ini.

“Ini merupakan tahap kedua dari program ini, ada beberapa kriteria yang dikukuhkan oleh Pemerintah sehingga tidak semua sekolah menerima bantuan tersebut, di antara nya lokasi sekolah tersebut merupakan gampong rawan pangan sehingga menjadi salah satu indikator kenapa sekolah tersebut menerima program Genius.” Jelasnya

Melalui Program Genius ini, Murtala berharap semua anak, siswa-siswa di Aceh Jaya dapat mengkonsumsi makanan bergizi sehingga mereka akan tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Pangan Kabupaten Aceh Jaya, Teuku Ridwan, mengatakan bahwa ada 3 Sekolah Dasar yang memperoleh Program Genius di Kabupaten Aceh Jaya, yaitu SD Negeri 3 Calang, SD Negeri 4 Calang, dan 3 SD Negeri 1 Setia Bakti.

Ridwan mengungkapkan bahwa Genius merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah kepada siswa-siswi kita supaya tercukupi gizinya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Murtala, secara simbolis menyerahkan Makanan Bergizi Protein Tinggi kepada 3 Kepala Sekolah beserta perwakilan para siswa Penerima Kegiatan Genius di Kabupaten Aceh Jaya, (Adv).

Exit mobile version