Pekan Ini, Semua Paslon Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya akan Diuji Mampu Baca Al-Qur’an

Redaksi
Ketua KIP Aceh Jaya, Hendri Gunawan saat memberikan keterangan kepada awak media. Foto: Ist

ACEH JAYA – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Jaya akan menyelenggarakan tes kemampuan membaca Al-Qur’an untuk semua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya, Minggu, 1 September 2024.

Ketua KIP Kabupaten Aceh Jaya, Hendri Gunawan menjelaskan bahwa tes kemampuan membaca Al-Qur’an dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 4 hingga 5 September 2024.

“Jika tidak ada kendala setelah proses tes kesehatan selesai, maka tes mampu baca Al-Qur’an ini akan berlansung hanya satu hari,” kata Hendri.

Baca juga: KIP Aceh Jaya Sosialisasi Penyusunan Visi Misi Calon Bupati dan Wakil

Menurut Hendri, Uji kemampuan membaca Al-Qur’an ini akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Izzah di Kabupaten Aceh Jaya yang berada di Desa Dayah Baro Calang.

“Tes kemampuan membaca Al-Qur’an akan dilakukan setelah tes kesehatan oleh tim medis dan dokter di Rumah Sakit Zainal Abidin (RSZA) Banda Aceh,” ujar Hendri.

Baca juga: Sukseskan Pilkada 2024, KIP dan PWI Aceh Jaya jalin Kerjasama

Hendri juga menjelaskan bahwa penguji tes baca Al-Qur’an terdiri dari tiga orang, yaitu dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), dari Kementerian Agama (Kemenag), dan dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU).

“Untuk mekanismenya akan ditentukan melalui undian oleh tim. “Baik itu juz, ayat, maupun surat bacaannya juga akan di undi,” ucap Hendri,(*).

Penulis : Mur
Editor : Redaktur