Sampah Berserakan, Kadis DLH Salahkan Warga yang Buang Sampah Sembarangan

Sampah berserakan di Desa Sentosa, kecamatan Krueng Sabee, Calang. Foto diambil pada 4 September 2024. Foto: Aswardani

ACEH JAYA – Tumpukan sampah terlihat berserakan di dekat kontainer sampah yang di sediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Jaya yang di Desa Sentosa, kecamatan Krueng Sabee, Rabu 4 September 2024.

Akibatnya, warga mengeluh karena sampah tersebut sudah mengeluarkan bau menyengat hingga merusak pandangan.

Salah satu warga Kecamatan Krueng Sabee, Mus saat melintas dikawasan tersebut mengaku tidak nyaman dengan bau yang ditimbulkan dari sampah berserakan di kawasan tersebut.

“Sampah – sampah disitu sudah mengeluarkan bau menyengat dan menganggu kenyamanan, terutama masyarakat yang tinggal disekitar lokasi,” katanya kepada Habakini.com.

Dia khawatir jika tidak segera dibersihkan akan menjadi sarang penyakit bagi masyarakat yang tinggal disekitar lokasi serta akan akan menganggu kenyamanan warga.

Oleh sebab itu ia berharap kepada Pemkab atau DLH untuk segera membersihkan dan mengangkut sampah itu ke TPA.

“Kami berharap kepada dinas terkait untuk segera membersihkan sampah-sampah ini agar tidak menjadi maslah baru dilingkungan masyarakat,” pintanya.

Baca juga: Warga Calang Geram, Sampah Dibiarkan Menumpuk Hingga Bau Menyengat

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Jaya, Yerri saat di hubungi media ini mengatakan bahwa pihaknya selalu mengangkut sampah-sampah yang ada di kontainer jika sudah penuh termasuk yang ada di lokasi tersebut.

Namun demikian, Yerri menyebut jika masyarakat selalu membuang sampah bukan pada tempat yang sudah disediakan, padahal kontainer ada di lokasi sampah, tapi sampahnya tidak dibuang kedalam kontainer.

“Tentunya, kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya sangat diperlukan, sehingga sampah tidak berserakan seperti kondisi saat ini,” ungkap Yerri.

“Masyarakat di sekitar lokasi tersebut tidak mengindahkan saat membuang sampah, padahal dilokasi sudah ada papan pengumuman jangan buang sampah sembarangan,” ucapnya,(*)

Exit mobile version