Pemkab Aceh Jaya Resmi Buka Festival Kuliner Khas Daerah Selama 5 Hari 

ACEH JAYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Disparekrafpora resmi membuka Festival Kuliner Khas Aceh Jaya dan Festival Poe Teumeureuhom Daya yang berlangsung di Taman Memorial Tsunami Calang Desa Keutapang, Senin 9 September 2024.

Kepala Disparekrafpora Aceh Jaya, Fahmi melalui Sekretaris, Ades Noviandi dalam sambutannya mengatakan Festival Kuliner Khas Aceh Jaya ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan selama 5 hari yang bersumber anggaran dari DPA Disparekrafpora tahun 2024.

“Acara festival tahunan resmi dibuka hari ini oleh Pemerintah Aceh Jaya selama 5 dari tanggal 8 hingga 12 September 2024,” Ades.

Ia menjelaskan, dengan adanya even bisa mempromosikan adat dan tradisi kuliner khas Aceh jaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Menjaga nilai budaya dan adat istiadat Aceh jaya.

“Mempromosikan adat dan tradisi kuliner sebagai potensi wisata budaya kepada pengunjung,” ujar Ades.

Sementara Pj Bupati Aceh Jaya Dr. A Murtala diwakili Asisten III ADM. Umum Abdul Jabar dalam sambutannya mengatakan keunikan kuliner Aceh jaya tidak hanya cita rasa dan teknis masakannya, akan tetapi juga pada nilai budaya dan sejarah yang melekat di dalamnya.

Tentunya, melalui festival ini menunjukkan kepada dunia bahwa kuliner Aceh jaya bagian penting dari identitas budaya daerah. dan layak kepada peserta mempromosi kuliner.

“Festival ini bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat melalui sektor wisata khas Aceh jaya memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan lokal maupun manca Negara,” terangnya.

Untuk itu, festival tersebut bisa menjaga warisan budaya adat istiadat dan berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat daerah.

Apresiasi kepada semua panitia yang sudah menyelenggarakan acara festival dan semua pihak, sehingga Aceh jaya lebih dikenal di kancah Nasional.

“Mari kita Jadikan festival ini sebagai momentum untuk semakin mempererat kebersamaan meningkatkan kebanggaan kita terhadap daerah dan terus mengembangkan potensi yang ada demi lebih baik dan lebih maju,” ajaknya.

Adapun kegiatan kuliner tersebut ada beberapa katagori festival Teumeruhoum Daya antara lain.
1. Festival kue khas lokal.
2. Festival kuliner serba ikan
3. Festival kuliner serba sayur
4. Festival menceritakan dan memperagakan tentang adat istiadat Teumeruhoum Daya tingkat SD, SMP dan SMA di Aceh Jaya, (Adv).

Exit mobile version