Pj Bupati Dr. Nurdin: Jagung Salah Satu Potensi Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Redaksi
Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin yang didampingi Kadistan, Teuku Reza Fahlevi saat melakukan kunjungan kerja bersama petani Jagung. Foto: Ist.

Habakini | Aceh Jaya – Kabupaten Aceh Jaya mempunyai lahan pertanian yang luas, ini menjadi potensi yang harus di dorong untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Pj Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin saat melakukan kunjungan kerjanya ke sentral ekonomi pertanian di kecamatan Teunom.

Salah satu sentral pertanian yang di kunjungi oleh Pj Bupati Aceh Jaya adalah sentral pertanian jagung yang ada di gampong Teupin Ara kecamatan Teunom kabupaten Aceh Jaya.

Merunut dari data, luasan lahan pertanian jagung secara keseluruhan di Aceh Jaya berkisar 5.000 Hektar seperti yang di ungkapkan oleh kepala Dinas Pertanian kabupaten Aceh Jaya.

“Potensi produksi jagung kita sangat memadai. Langkah selanjutnya yang harus kita persiapkan dari segi pengelohan produknya sehingga dapat meningkat perekonomian petani,” kata Dr. Nurdin di Calang, Sabtu (15/10/2022).

“Termasuk nantinya kita berupaya produk jagung ini bisa kita olah menjadi pakan atau kosentrat untuk dipasarkan ke peternak agar harga akan lebih tinggi,” tambahnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan mendorong petani dengan peternak dapat bekerja sama, sehingga terciptanya siklus ekonomi ini sebagai upaya untuk meningkat ekonomi masyarakat.

Disisi lain petani jagung berharap ada peningkatan jalan produksi tani agar memudahkan bagi petani untuk memobilisasi produk yang dihasilkan nantinya, termasuk kurang stabilnya harga selama ini.

Menanggapi peningkatan jalan produksi tani tersebut, Pj Bupati Aceh Jaya menginstruksi langsung kepada Dinas Pertanian untuk dapat mengalokasikan anggaran pada tahun 2023 nantinya.

“Terkait persoalan harga, nanti kita berupaya jagung dapat kita olah menjadi produk yang bernilai jual tinggi,” pungkas Pj Dr. Nurdin.

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya