Dua Belas Mahasiswa STAI-PTIQ Aceh Terima Beasiswa KIP Kementerian Agama

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Sebanyak dua belas mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam – Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STAI-PTIQ) Aceh Beasiswa KIP Kuliah Tahun Akademik 2023/2024, Kamis, 21 Desember 2023.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA /Sederajat yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. KIP Kuliah berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi.

Hal ini sesuai penjelasan dari Pasal 76 UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Di Pasal 76 ayat 1 berbunyi, “Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan/atau Perguruan Tinggi berkewajiban memenuhi hak mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk dapat menyelesaikan studinya sesuai dengan peraturan akademik”.

Baca juga: Guru Besar UIN Ar-Raniry Prof M. Hasbi Amiruddin Adakan Kuliah Umum di Kampus STAI-PTIQ Aceh

Ketua STAI – PTIQ Aceh, Dr. Musa Alfadhil menyampaikan yang paling penting adalah kesungguhan dan tekad dari para mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah.

Ia sangat berharap agar beasiswa ini tidak disia-siakan, dengan apapun alasan dan latar belakang. Mahasiswa yang dinyatakan berhak menerima beasiswa tersebut harus disiplin dan sungguh-sungguh dalam meningkatkan potensi diri.

Selain itu, Ia juga menekankan bahwa tidak semua mahasiswa yang memiliki kondisi ekonomi seperti mereka mendapatkan kesempatan memperoleh KIP Kuliah. Karena itu, fasilitas yang akan diperoleh seperti pembiayaan uang Kuliah  harusnya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam mendukung perkuliahan di STAI-PTIQ Aceh.

Baca juga: STAI-PTIQ Aceh Kembali Terjunkan Mahasiswa PPL ke Sekolah-Sekolah di Aceh Jaya

Sementara itu, Dr. Nurma Dewi selaku wakil ketua II berpesan kepada kedua belas mahasiswa STAI-PTIQ penerima beasiawa KIP Kuliah untuk selalu menanamkan rasa syukur, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan “emas” ini.

“Semoga dapat mengubah pola pikir untuk selalu semangat dan bertekad menjadi lebih baik dengan meningkatkan proses belajarnya,” pintanya.

Berikut nama-nama mahasiswa yang masuk daftar PTIS penerima KIP kuliah yaitu Ayi Salmadi, Fitri Fauziah, Asna Mutia, Muhammad Arif, Waliyul Khairi, Alhadad, Nurlaili, Tiara Wulandari, Mauliana, Desfika Mutia Rahmi, Miftahul Jannah dan Wulan Nadia.

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur