Umum  

Dinas Pertanian Aceh Jaya Luncurkan Website SILAPAN

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya meluncurkan website yang dinamakan dengan SILAPAN Aceh Jaya (Sistem Informasi Lahan Pertanian Pangan Berkelnjutan Aceh Jaya).

Sistem Informasi Geografis Lahan Pertanian Pangan berkelanjutan tersebut didesain untuk memanfaatkan teknologi geospasial guna memberikan solusi terkini bagi pengelolaan lahan pertanian, mengoptimalkan produktivitas, dan mendukung keberlanjutan sektor pertanian pangan di Aceh Jaya.

Baca juga: BPKK Aceh Jaya Luncurkan Layanan “ONEKLIKSAJA”

Tenaga Ahli Pemetaan Geographic Information System (GIS), Muhammad Reza menyampaikan kalau Web GIS berbasasis spasial yang tersedia dibawah dinas pertanian Aceh Jaya tersebut sangat banyak keunggulan yang bisa diakses informasi oleh masyarakat.

Menurutnya salah satu keunggulan tersebut adalah untuk memantau alih fungsi lahan sawah sehingga semua pihak terutama masyarakat nantinya bisa melaporkan jika adanya alih fungsi lahan sawah terutama Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan atau yang sering disingkat LP2B.

M Reza menyampaikan kalau didalam website tersebut juga tersedia sejumlah peta lahan pertanian di Kabupaten Aceh Jaya yang bisa di akses oleh semua masyarakat termasuk media pengaduan terhadap alih fungsi lahan dan lokasi kios pupuk di Aceh Jaya.

Baca juga: Aceh Jaya Terima Penghargaan sebagai Salah Satu Kabupaten yang Terapkan Aplikasi Srikandi

Sementara itu, Plh. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, T. Mufizar menyampaikan kalau website tersebut merupakan salah satu inovasi pihaknya untuk mempermudah masyarakat untuk mengakses data lahan pertanian di Aceh Jaya.

“Kita berharap dengan adanya web ini dapat mempermudah masyarakat tani dan masyarakat lain secara umum dalam mengakses lahan pertanian maupun berkaitan dengan pertanian, misalnya kalau mau mengakses kios pupuk di Aceh Jaya bisa langsung mengakses www.Silapanacehjaya.co.id,” kata T Mufizar, Rabu (10/1/2024).

Ia juga menjelaskan kalau website tersebut nantinya juga akan terus di kembangkan dan juga akan disandingkan dengan website Dinas Pertanian Aceh Jaya sehingga semua informasi tentang pertanian dapat di akses oleh masyarakat, [].

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya