Warga Lamno Keluhkan Pengelolaan Sampah TPA yang Dinilai Amburadul

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Warga Desa Babah Ie Lamno Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya mengeluhkan pengelolaan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) yang berada di Kecamatan Jaya desa Babah Ie, Selasa 30 Januari 2024.

Pasalnya, keberadaan TPA di Desa Babah Ie sudah menimbulkan kegaduhan dan membuat warga sekitar tidak nyaman hingga mencemari lingkungan.

“Selama ini masyarakat sering mengeluhkn tentang buruknya pengelolaan TPA tersebut, sampah berserakan serta pengangkutan yang bocor sehingga sering sampah tercecer di jalan pemukiman rumah warga,” kata Ketua Pemuda Desa Babah Ie, Husaini kepada Habakini.com.

Warga menghadang dan melarang masuk mobil truk angkut sampah ke TPA beberapa hari lalu. Foto: Kiriman Husaini.

Tak hanya itu, tambah Husaini, warga juga mengeluh ketika musim hujan. Dimana saat musim huajan sampah-sampah dari TPA tersebut sering terbawa air hujan ke dalam sawah milik warga.

“Tumpukan sampah yang tidak dikelola dengan semestinya juga menemari sungai sungai, padahal sungai itu masih banyak digunakan warga untuk mencari nafakah yang mencari ikan dan udang,” ungkapnya.

Baca juga: Bolos Sekolah, Satpol PP Aceh Jaya Amankan Tiga Pelajar, Lima Melarikan Diri

Menurut Husaini, akibat sampah yang tidak dikelola dengan baik juga berdampak terhadap kesehatan masyarakat. Karena sudah banyak juga laporan kalau ada warga yang mengalami gatal-gatal akibat limbah dari TPA tersebut.

“Yang lebih parahnya lagi ketika musim kemarau setiap tahun terjadinya kebakaran di TPA itu. Akibatnya hampir seluruh wilayah desa tertutup kabut asap pada malam hari,” terang Husaini.

Kondisi sampah di TPA Desa Babah Ie Lamno Jaya. Foto: Kiriman Husaini.

Husaini juga mengaku pihak desa sudah melaporkan terkait sampah di TPA ini kepada kecamatan dan pihak pengelola TPA namun hasilnya hanya mengirim dua Truk Mobil Tanki pemadam untuk memadamkan api di lokasi TPA, tapi hasilnya nihil kareba api malah bertambah besar serta asap bertambah parah.

“Harapan kami agar pihak berwenang lebih serius untuk menanggapi hal ini, dan akan menanggapi segala keluh kesah masyarakat khususnya msyarakat Desa Babah Ie, agar tidak menjadi petaka bagi kami dengan adanya TPA tersebut,” pungkasnya, [].

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur