FISIP UIN Ar-Raniry Jalin Kerjasama dengan Pemkab Aceh Jaya

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya bahas kerjasama dan menjalin kemitraan dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan kunjungan tersebut diterima langsung Sekda Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlefi di Aula Kantor Bupati setempat, Kamis (14/3/2024).

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Dr Muji Mulia mengatakan, bahwa FISIP selalu berkomitmen untuk tidak hanya berdiri di menara gading keilmuan, namun juga akan melibatkan civitas akademika dalam pemberdayaan masyarakat secara langsung.

Oleh karena itu, FISIP siap berkolaborasi membangun mitra kerjasama dengan pemerintah kabupaten Aceh Jaya, bertujuan dalam rangka menjalin hubungan kelembagaan dan saling memanfaatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Wujud dari kerjasama ini, ke depan kita akan mengirimkan peserta KPM tematik, khusus menangani penataan administrasi gampong, serta bagaimana strategi politik agar dana desa bisa terserap dan tepat sasaran. Selanjutnya, bidang pendidikan, FISIP juga memberikan kesempatan kepada siswa kelas 3 untuk melanjutkan studi ke FISIP,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dekan Muji mangatakan, ada beberapa prinsip kerjasama yang harus dipegang teguh oleh kedua pihak yaitu, kepercayaan (trust), tanggung jawab (responsibility), keterbukaan (transparancy), keterpaduan (collaboration). kita mengharapkan kerjasama ini berjalan lancar dan memberikan manfaat dan saling menguntungkan kedua pihak (mutualisme simbiosis).

Sementara itu, Sekda Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi mengatakan, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pimpinan FISIP UIN Ar-Raniry atas kunjungan ke Pemkab Aceh Jaya untuk melakukan kolaborasi kerjasama.

“Kehadiran kampus untuk memberdayakan masyarakat memang suatu harapan kita semua. kerjasama tri dharma perguruan tinggi, khususnya di Aceh Jaya dapat dilakukan dalam bidang pendidikan, penelitian dan juga pengabdian,” kata Sekda.

Reza Fahlevi mengatakan bahwa ketiga bidang tersebut diyakini bahwa kampus seperti UIN Ar-Raniry Banda Aceh sangat siap untuk menjalankannya. Turut hadir Sekretaris Dinas Pendidikan, Baihaqi, Cabdin Tarmizi, dan Dr Minzar (DPMTSP).

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry turut didampingi Wakil Dekan I, Eka Januar, MSoc.sc, Wakil Dekan III, Reza Idria, MA, PhD dan ketua Gugus Jaminan Mutu FISIP, Dr Amirul Kama, (Adv).

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya