3.316 Fakir dan Miskin Aceh Jaya Terima Senif Zakat dari Baitul Mal

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Baitul Mal Kabupaten Aceh Jaya menyalurkan bantuan zakat senif fakir dan miskin tahun anggaran 2024 sebesar Rp 2,8 milyar kepada 688 orang senif fakir dan 2.628 orang senif miskin yang tersebar di sembilan.

Bantuan tersebut ditransfer ke rekening masing-masing penerima dengan besaran Rp 1,5 juta per orang untuk senif fakir dan Rp 700 ribu per orang untuk senif miskin.

Ketua Baitul Mal Kabupaten Aceh Jaya, Tgk Munawar mengatakan bantuan yang disalurkan untuk senif zakat fakir tahun ini senilai Rp 1.032.000.000 dan zakat senif miskin Rp 1.839.600.000.

”Untuk senif miskin sedang diposting ke rekening penerima,” katanya di Calang, Sabtu 9 Maret 2024.

Selain itu, kata Tgk Munawar, ada 51 orang penerima senif zakat fakir yang belum dapat disalurkan karena tidak memiliki rekening. Dengan rincian di kecamatan Panga 12 orang, Krueng Sabee 8 orang, Setia Bakti 12 orang, Sampoiniet 15 orang, Indra Jaya 1 orang, dan Jaya 3 orang.

“Penerima yang tidak rekening ditunda penyaluran karena tidak bisa lagi diberikan secara langsung. Setelah ada rekening dulu baru disalurkan kembali.” Ujarnya.

Tambah Tgk Munawar, pihaknya akan mempublikasikan nama-nama penerima zakat supaya dapat dilihat dan dinilai oleh masyarakat, apakah data yang diberikan oleh Keuchik layak menerima bantuan dari Baitul Mal atau tidak.

” Berhubung di Baitul Mal tidak ada biaya verifikasi lapangan, sehingga kami mempercayakan kepada Keuchik untuk menyeleksi para calon penerima zakat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan,” kata Tgk Munawar.

Ia mengharapkan kepada Keuchik Gampong agar memberikan data penerima zakat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, karena akan dipublis kepada masyarakat.

” kepada penerima zakat agar mendoakan para Muzakki telah menyetorkan zakatnya, karena sangat membantu masyarakat fakir miskin di Aceh Jaya.” tutupnya, (Adv).

Penulis : Herdi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya