Sekda Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Redaksi

ACEH JAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Jaya, T. Reza Fahlevi, MM., memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Aceh Jaya pada Sabtu pagi (1/6/2024).

Upacara ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Aceh Jaya, para Pejabat Tinggi Pratama, serta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya.

Dalam amanatnya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudi Wahyudi, yang dibacakan oleh Sekda Aceh Jaya, menyampaikan bahwa tema peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila mempersatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam upaya bersama mencapai 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Yudi Wahyudi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila harus selalu dijiwai dan dijadikan pedoman agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” ujar Yudi Wahyudi.

“Mari kita bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni,” ungkap Yudi Wahyudi.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi,” kata Yudi Wahyudi.

Yudi Wahyudi berharap Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat semua pihak untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Kabupaten Aceh Jaya berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat. Upacara ini diharapkan dapat semakin memperkuat rasa cinta tanah air dan komitmen bangsa Indonesia untuk menjaga dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, (Adv).

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya