Umum  

Islamic Relief Indonesia Bagikan 50 Ekor Sapi Qurban untuk Warga Aceh

BANDA ACEH – Sambut hari raya qurban 2024, Islamic Relief Indonesia mengumumkan pelaksanaan program Qurban untuk tahun 2024, yang didanai oleh cabang-cabang Islamic Relief dari berbagai negara di Eropa, Amerika, dan Afrika, yang dikoordinasikan melalui Islamic Relief Worldwide.

Hal itu dikatakan Yusrizal Puteh koordinator wilayah Aceh ke media ini, Senin 17 Juni 2024. Islamic Relief Indonesia telah mengalokasikan 73 ekor sapi dan 4 ekor kambing untuk program Qurban, yang didistribusikan sebagai berikut:

– Aceh: 50 ekor sapi
– Nusa Tenggara Barat (NTB): 23 ekor sapi dan 4 ekor kambing

“Untuk menjangkau sekitar 5.110 keluarga kurang mampu, termasuk rumah tangga yang dikepalai oleh perempuan, keluarga dengan ibu hamil atau menyusui, keluarga dengan anggota yang memiliki kebutuhan khusus (disabilitas), dan lansia,” ucapnya.

Ia menjelaskan, Program tahunan ini bertujuan untuk mewujudkan pengorbanan dan perjuangan Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail, dalam memenuhi perintah Allah SWT, dengan menunjukkan kepedulian dan pengorbanan bagi mereka yang kurang beruntung dan lebih membutuhkan.

Selain itu, tahun ini Islamic Relief juga akan menyalurkan daging Qurban ke beberapa negara di Afrika seperti Mali dan Kenya, sebagai bagian dari inisiatif pertukaran global.

Kandungan nutrisi daging Qurban yang kaya akan protein dan gizi diharapkan dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan dalam masyarakat.

“Pelaksanaan program Qurban Islamic Relief Indonesia akan mematuhi standar syariah dan kesehatan yang ketat, mencakup semua aspek mulai dari persiapan, pemilihan penerima hak, distribusi, dan pemantauan,” ujar Yusrizal.

Untuk itu, pelaksanaan program Qurban, Islamic Relief bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, lembaga masyarakat, dan relawan. Upaya kolaboratif ini bertujuan untuk menciptakan efek ganda, menjadikan Idul Adha tahun ini lebih bermakna dan membangun masyarakat yang bertakwa, solid, sinergis, dan kohesif, (*).

Exit mobile version