DSI Aceh Jaya Adakan Pelatihan Manajemen Ekonomi bagi Pengurus Masjid

Redaksi

ACEH JAYA – Dinas Syariat Islam (DSI) Kabupaten Aceh Jaya sosialisasi dan latih pengurus masjid dalam meningkatkan kemandirian melalui pelatihan Managemen Ekonomi Masjid di Kabupaten Aceh Jaya, Kamis 19 September 2024.

Kepala DSI Aceh Jaya, Fajri mengatakan kegiatan tersebut berfungsi untuk meningkatkan kemampuan pengurus masjid dalam mensejahterakan ekonomi ummat dan kemandirian masjid dalam operasional masjid sehari-hari dengan memanfaatkan potensi alam dan aset masjid.

“Kegiatan ini juga kita lakukan berdasarkan keluhan-keluhan pengurus masjid terhadap kekurangan anggaran operasional masjid terutama mesjid kecamatan dan mesjid kota walau setiap tahunnya telah di kucurkan anggaran,” katanya.

“Pelatihan ini sudah kita jalan kan dari tanggal 3 september 2024 dan dilakukan secara maraton di setiap kecamatan dan hari ini penutupan di kecamatan Jaya yang kita laksanakan di Masjid Nyak Sandang,” tambah Fajri.

Baca juga: Peserta MTQ yang Berprestasi akan Dapat Bonus dari Pemkab Aceh Jaya

Selain itu kegiatan tersebut juga merupakan langkah awal dalam memandirikan masjid, pada dasarnya masjid bukan hanya sebagai tempat peribadatan saja namun juga sebagai tempat ekonomi, sosial dan politik.

“Kami sebagai pelaksana juga berharap dengan kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan masjid dalam menambah pendapatan dan membuka lapangan kerja bagi ummat melalui usaha-usaha yang dibuat oleh mesjid dengan kreatifitas pengurus melalu potensi alam dan aset masjid,” terang Fajri.

Fajri juga menambahkan bahwa sanya Dinas Syariat Islam akan terus berkolaborasi dan mendampingi dengan masjid-masjid dalam kabupaten Aceh Jaya terutama mesjid kecamatan dan kota, untuk menghidupkan usaha-usaha masjid baik di bidang, Umkm, Pendidikan, Perkebunan, pertanian, perikanan maupun wisata religi.

Salah satu peserta pelatihan juga mengatakan sangat berharap kegiatan ini dapat memberi aspek positif dalam kemakmuran masjid terutama dalam pendapatan masjid.

“Dengan kegiatan kami sangat berharap dapat meningkatkan kualitas ekonomi masjid dan siap mendukung program kemakmuran masjid, mengingat kami juga sangat kewalahan juga dalam hal operasional masjid di masjid kami,” ujar Tgk Fazli salah satu peserta.

Dalam hal ini Dinas Syariat Islam akan terus berkolaborasi dan mendampingi masjid-masjid untuk membentuk dan menjalankan unit usaha sebagai pendapatan baru bagi masjid, (*).

Penulis : Aswar
Editor : Redaktur
Sumber : Pemkab Aceh Jaya