PUPR Aceh Barat Segera Realisasikan Jalan Semantok Anggaran Tersedia 700 Juta

Tim Redaksi

Habakini| Meulaboh – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kurdi menyebutkan anggaran perbaikan jalan secara permanen di Gampong Seumantok telah tersedia sebanyak Rp. 700 Juta, dimana sebelumnya jalan tersebut putus total akibat di terjang banjir, Jum’at (23/2/2024).

Kata Kurdi pagu anggaran yang telah tersedia untuk penanganan jalan Gampong Seumantok sepanjang 110 meter masih dalam proses perencanaan dan persiapan tender.

“Anggaran Rp. 700 Juta untuk jalan Seumantok saat ini sedang proses perencanaan dan persiapan tender , kita juga akan proses secepatnya, agar sesuai harapan dengan masyarakat setempat,” ujar Kurdi.

Selain itu, Kurdi juga akan melakukan normalisasi krueng Semantok dan lanjutan tanggul tanah, disebabkan sudah tiga kali jalan utama Seumantok dibuat karena diterjang banjir.

“Kita buat talud kiri dan kanan jalan Semantok yang rusak serta drainase yang sudah putus. Kita juga sudah melakukan survey serta melakukan pengukuran untuk penanganan jalan, kemudian dilanjutkan pada Survey dibagian hulu bendungan Irigasi Lhok Guci untuk mencegah tekanan banjir di daerah Semantok,”jelas Kurdi.

Setelah itu, kata Kurdi, pihaknya juga sudah melakukan survei di bagian sungai yang mengalami over topping pada saat hujan terjadi di sekitar Semantok.

“Hasil survey kami selisih permukaan sungai dengan bibir sungai saat ini hanya 60 cm dan itu sangat tipis, Kita juga sudah meminta bantuan penanganan ke Balai Wilayah Sungai Sumatera I untuk masalah ini.” imbuh Kurdi.