Umum  

Jelang Hari Raya, Emak-emak di Aceh Jaya Buru Kue Lebaran

Redaksi
Suasana dagangan kue lebaran di Pasar Tradisional Desa Padang Datar, Calang, Aceh Jaya. Foto: Aswar.

Habakini | Aceh Jaya – Sejumlah emak-emak terlihat memadati pasar trasidional untuk mencari kebutuhan dan perlengkapan lebaran di Desa Padang Datang, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Sabtu 06 April 2024.

Amatan Habakini, warga Calang yang didominasi kaum hawa mulai ramai memburu kue kering dari pagi hari hingga sore untuk persiapan hidangan para tamu yang berkunjung saat lebaran nanti.

Untuk diketahui, pasar tradisional yang hanya ada di setiap hari Sabtu juga menyediakan segela kebutuhan keluarga, mulai dari pakaian, kebutuhan dapur hingga berbagai jenis kue lebaran tersedia.

Baca juga: Stok Komoditas Pangan Jelang Lebaran di Aceh Jaya Masih Tercukupi

Salah seorang penjual kue kering di Pasar Padang Datar, Ayu mengatakan bahwa dagangan kue kering mulai dijual sekitar sepuluh hari jelang lebaran. Namun warga mulai ramai baru dalam beberapa hari terakhir jelang hari raya.

Sebelumnya, kata Ayu, omset yang diperloh hanya berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per hari, namun dalam beberapa hari terakhir mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta dalam sehari.

“Kami juga menjual berbagai macam kue kering di beberapa tempat lain, seperti di Banda Aceh dan Aceh Besar, kadang kami keliling dimana ada pasar disitu buat lapak,” ungkapnya.

“Kue kering yang kami sediakan juga variasi ada bungkusan harga Rp 20 ribu bahkan ada yang sampe Rp 50 ribu per kilogram,” tambahnya.

Baca juga: Ramadan Identik Harga Beras Naik! Perlu Kinerja Jitu Menekan Harga Beras

Sementara itu, Ayu juga mengaku jika kue yang ia jual tersebut ada yang di produksi sendiri dan ada juga yang ia beli ditempat lain.

“Untuk persiapan lapak jualan udah dari semalam kami siapkan. Jadi dari pagi tadi kita sudah langsung ready mengingat ini hari pasar trakhir jelang lebaran dan lapak jualan juga terbatas,” pungkasnya, (*).

Penulis : Aswar
Editor : Redaktur