Lagi, Program Baca Al-Quran di Sekolah Diapresiasi, Kali Ini dari Praktisi Pendidikan

Redaksi
Praktisi Pendidikan, Azwar Thaib. Foto: Ist

BANDA ACEH – Tokoh Pendidikan mengapreasiasi penerapan program pembacaan Al-Quran sebelum memulai belajar-mengajar di satuan pendidikan se Aceh Jaya, Senin 16 September 2024.

Praktisi Pendidikan, Azwar Thaib menyampaikan bahwa penerapan program pembacaan Al-Quran di sekolah dapat dilihat sebagai bagian proses pembelajaran yang memiliki multi dimensi dalam pembentuk kompetensi dan pembelajaran ibadah bagi siswa.

Dari sudut pandang pendidikan sebagai sebuah proses yang terencana untuk mencapai tujuan masa depan generasi bangsa yang islami.

“Kita berharap agar kedepan program tersebut sudah dapat terintegrasi dengan kurikulum yang diselenggarakan disekolah sehingga seluruh tahapan perencanaan, pelaksanaan dan hasil pembelajaran dapat diukur sebagai target capaian pembelajaran,” ujar Azwar Thaib.

Baca juga: Kobar GB Ikut Apresiasi Disdikbud Aceh Jaya yang Mewajibkan Siswa Baca Al-quran

Oleh sebab itu, kebijakan pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tersebut perlu mendapatkan apresiasi dan dukungan dari semua pihak sesuai dengan tugas, fungsi, kewenangan, dan tanggung jawab masing-masing.

Tentunya, secara disain program ini tidak boleh berhenti pada tahapan pembiasaan pembacaan saja tetapi harus terus dikembangkan menjadi program yang berkontribusi dalam pemahaman dan menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk dalam kehidupan.

Baca juga: Sekolah di Aceh Jaya Diwajibkan Baca Al-quran Sebelum Mulai Belajar

Aceh Jaya dapat menjadi pilot project dalam pengembangan program pendidikan yang dapat melahir siswa berbudaya dan berakhlak Islami.

“Kita menyadari bahwa tidak semua sekolah memiliki kesiapan yang baik dalam mengimplementasi program yang luar biasa ini,” tutur Azwar.

Untuk itu, perlu langkah pendampingan secara konsisten sehingga semua hambatan dapat dieliminir dengan baik dan tujuan dapat diraih dengan lebih baik.

“Kita perlu merumuskan Visi program, metodologi, mempersiapkan actor penyelenggara, kesiapan dalam mengevaluasi, dan menyiapkan penyempurnaan program,” tambahnya.

Baca juga: Wakil Ketua DPRK Aceh Jaya Apresiasi Program Baca Al-quran di Sekolah

Ia juga mengucapkan selamat kepada pemerintah Aceh Jaya dan Selamat kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, selamat untuk seluruh sekolah beserta selamat kepada para siswa.

“Kita wujudkan pendidikan yang mencerdaskan dan berakhlak mulia bagi generasi kedepan,”  Imbuh Praktisi Pendidikan Azwar Thaib, (*).

Penulis : Aswar
Editor : Redaktur