Pemilu  

KIP Aceh Jaya akan Uji Baca Al-Qur’an terhadap 333 Bacaleg

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Jaya akan melakukan tes atau uji baca Al-Qur’an bagi 333 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya, Kamis (1/6/2023).

Berdasarkan Keputusan Komisi Independen Pemilihan Aceh Nomor 37 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Uji Mampu Baca Al-Our’an Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota,

KIP Kabupaten Aceh Jaya akan melaksanakan Uji Mampu Baca Al-Qur’an bagi Bakal Calon Anggota DPRK dari Partai Politik/Partai Politik Lokal yang akan dilaksanakan pada dari tanggal 6 hingga 12 Juni 2023.

Ketua KIP Aceh Jaya, Marsuneh mengatakan bahwa, Uji Mampu Baca Al-Qur’an akan dilaksanakan di Halaman Kantor KIP Kabupaten Aceh Jaya, Jl. Puskesmas No 10 Calang dengan pembagian per Daerah Pemilihan (Dapil) untuk setiap Partai Politik/Partai Politik Lokal.

Untuk Dapil Aceh Jaya 1 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 6 Juni 2023. Sedangkan Dapil Aceh Jaya 2 pada hari Rabu tanggal 7 Juni 2023.

Lalu, Dapil Aceh Jaya 3 pada hari Kamis tanggal 8 Juni 2023. Sedangkan untuk Dapil Aceh Jaya 4 pada hari Jum’at tanggal 9 Juni 2023.

Marsuneh juga menjelaskan, Aspek penilaian uji mampu baca Al-Qur’an akan memperhatikan aspek penguasaan Ilmu Tajwid, Fashahah, dan adab.

Sedangkan bobot penilaian dalam Uji Mampu Baca Al-Qur’an yaitu ketepatan membaca huruf hijaiyah (makhrajul huruf) sejumlah 40 poin:

Lalu, ketepatan bacaan (harkat dan maad) sejumlah 40 poin: dan adab serta penampilan sejumlah 20 pon:

Sementara itu, kelulusan peserta Uji Mampu Baca Al-Quran ditentukan berdasarkan jumlah keseluruhan pon penilaian.

“Peserta Uji Mampu Al Gur’an dinyatakan mampu apabila mendapatkan jumlah nilai paling kurang 50 pon. Hasil Penilaian Uji Mampu Baca Al-Quran yang telah dilakukan oleh Tim Uji Mampu Baca Al-Qur’an bersifat final dan tidak dapat dilakukan pengujian ulang dan/atau pengujan pembanding,” ungkap Marsuneh.

Selain itu, setiap peserta wajib mengikuti Tata Tertip pelaksanaan Uji Mampu Baca Al-Qur’an dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Peserta Uji Mampu Baca Al-Quran adalah bakal calon anggota DPRK dengan menunjukkan tanda pengenal KTP-el kepada Tim Uji Mampu Baca Al-Qur’an,

2. Peserta Uy Mampu Baca Al-Quran hadir 15 menit sebelum pelaksanaan Uji Mampu Baca Al-Qur’an,

3. Uji Mampu Baca Al-Quran dilakukan secara bergiliran untuk setiap peserta Uji Mampu Baca Al-Quran dan tidak dapat dilakukan secara parallel:

4. Peserta Uj Mampu Baca Al-Quran yang sudah mendapat gilran dapat meninggalkan tempat acara Uji Mampu Baca Al-Qur’an:

5. Peserta Uji Mampu Baca Al-Qur’an wajib mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh KIP Kabupaten Aceh Jaya:

8. Urutan Uji Mampu Baca Al-Qur’an berdasarkan urutan kehadiran bakal calon Anggota DPRK:

7. Uji Mampu Baca Al-Quran dilakukan dengan berhadapan langsung dengan Tim Uji Mampu Baca Al-Ouran,

8. Peserta wajib menggunakan Al-Quran yang disediakan oleh panitia pelaksana Uji Mampu Baca Al-Qur’an,

9. Surat dan ayat Al-Quran yang dibaca oleh peserta Uji Mampu Baca Al-Quran ditentukan oleh Tim Uji Mampu Baca Al-Quran pada saat pelaksanaan Uji Mampu Baca Al-Qur’an berlangsung:

10. Peserta Uji Mampu Baca Al-Qur’an diberi waktu paling lama 5 menit untuk membaca surat dan ayat Al Guran sebagaimana dimaksud pada angka 9; dan

11. Peserta dan masyarakat yang menyaksikan pelaksanaan Uji Mampu Baca Al-Qur’an wajib menjaga ketertiban pelaksanaan Uji Mampu Baca Al-Quran.

Marsuneh juga menjelaskan jika Surat Keterangan Mampu Baca Al-Qur’an diterbitkan terhadap Bakal Calon anggota DPRK yang dinyatakan mampu baca Al-Quran, berdasarkan hasil Uji Mampu Baca Al-Quran yang telah dilaksanakan oleh Tim Uji Mampu Baca Al-Qur’an.

Bakal Calon anggota DPRK yang dinyatakan tidak mampu baca Al-Qur’an dinyatakan gugur dan tidak dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya. Terhadap hal tersebut, Partai Politik Peserta Pemilu dapat mengajukan Bakal Calon anggota DPRK pengganti. Bakal Calon Anggota DPRK pengganti wajib mengikuti Uji Mampu Baca Al-Qur’an.

“Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi helpdesk pencalonan KIP Kabupaten Aceh Jaya di Kantor KIP Kabupaten Aceh Jaya pada hari kerja pukul 08.00 s.d 16.00 Wib,” pungkas Marusneh, [].

Penulis : Tim Redaksi
Editor : Redaktur
Sumber : KIP Aceh Jaya