Pemilu  

Panwaslih Aceh Jaya Kembali Laksanakan Sosialisasi dan Rakor Pengawasan Pemilu

Redaksi
Nasarumber, Mulyadi yang didampingi para Komisioner Panwaslih Aceh Jaya foto bersama dengan para peserta. Foto: Panwaslih Aceh Jaya

Habakini | Aceh Jaya – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Jaya melaksanakan sosialisasi dan Rapat Koordinasi (Rakor) pengawasan pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota DPR, DPD, DPRA, dan DPRK menjelang Pemilu tahun 2024.

Para peserta Rakor ini yang hadir berasal dari pengurus Partai Politik, Jurnalis, Karang Taruna, pihak Kesbangpol, dan Satpol PP Kabupaten Aceh Jaya yang berlangsung di Hotel Pantai Barat, Calang, Kamis, 12 Oktober 2023.

Panwaslih Kabupaten Aceh Jaya, Muhammad Afzal mengatakan bahwa, kegiatan yang mengusung tema “Strategi pencegahan politik identitas dan berita hoax pada pelaksanaan Pemilu 2024” itu turut menghadirkan dosen Ilmu Politik Unimal, Mulyadi sebagai narasumber.

“Kegiatan Rakor ini dilaksanakan dibawah divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (HP2H) dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi pengawasan pemilu di Aceh Jaya,” ujar Afzal.

Sementara itu, Mulyadi, dalam materinya menyampaikan bahwa semua pihak baik parpol, Pemerintah Daerah, LSM dan OKP dan penyelenggara pemilu perlu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, dengan strategi masing-masing untuk mencegah politik identitas, informasi hoax, dan money politik.

“Semua elemen masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyukseskan pemilu yang berkualitas dan penuh integritas, untuk tujuan yang diharapkan negara dan masyarakat. Tujuan dari ini semua adalah untuk kemakmuran rakyat,” jelas Mulyadi.

Untuk diketahui, kata Mulyadi, dalam pertemuan yang dihadiri oleh 20 orang peserta, semua sepakat untuk menghindari politik identitas, informasi hoax, money politik dan ketentuan lainnya yang dilarang undang-undang.

Bahkan salah satu perwakilan parpol yang hadir berharap kegiatan seperti ini bisa secara terus menerus dilakukan dengan berbagai kelompok masyarakat, [].