Perumda Tirta Mon Mata Minta PLN Optimalkan Layanan di Aceh Jaya

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Perusahaan Milik Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Mon Mata meminta PLN ULP Calang dan Teunom untuk mengoptimalkan pasokan arus listrik di Aceh Jaya, Khususnya di unit produksi air bersih instalasi pengolahan air PDAM Tirta Mon Mata pada kecamatan – kecamatan.

Hal itu sebagaimana disampaikan Direktur Perumda Air Minum Tirta Mon Mata, Muhadi kepada awak media Jum’at (29/2/2024) sore.

“Akibat tidak stabilnya arus, saat ini terjadi gangguan suplay air bersih di beberapa unit produksi seperti di Kecamatan Jaya, Darul Hikmah dan Teunom,” ucapnya

Dirinya melanjutkan, akibat seringnya mati lampu dan tidak stabilnya arus atau tegangan PLN selama ini sangat mengganggu operasional Perumda Air Minum Tirta Mon Mata.

Selain dapat menimbulkan kerusakan pada pompa Intake juga produksi air tidak mencapai target hingga biaya operasional membengkak tinggi

“Oleh karena itu kami minta pihak PLN untuk melakukan bermacam upaya terhadap ini demi kepentingan dan kenyamanan bersama,” pintanya.

“Mohon solusi. Apalagi menjelang bulan Ramadhan semoga tidak ada kendala operasional dalam memastikan keadaan suplay air bersih kepada masyarakat,” ucap Muhadi.

Baca juga: Perusahaan Korsel Wacanakan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Aceh Jaya

Sementara Manager PLN Calang, Zul Fahmi Dhuha menyampaikan bahwa terkait dengan pemadaman listrik pada dasarnya padam ada terencana (pemeliharaan) dan tidak terencana (gangguan).

Terkait tidak stabilnya arus listrik di Aceh Jaya itu sebabkan bermacam permasalahan, seperti contoh di daerah Krueng Sabee beberapa kali padam listrik karena layang-layang yang mengakibatkan padam sebagian wilayah

“Kita telah sosialisasi kepada pihak yang bermain layang – layang agar tidak dekat dengan jaringan listrik,” katanya.

Baca juga: Manajemen PLN Calang Sambangi Pj Bupati Aceh Jaya, Ini yang Dibahas

Sementara diberbagai daerah lain banyaknya pohon di pinggir jalan yang sewaktu-waktu tumbang mengenakan aliran listrik

“Kami harap masyarakat dapat merelakan pohon terutama yang berbuah untuk ditebang apabila membahayakan jaringan listrik,” tendasnya.

Zul Fahmi menyebutkan bahwa arus listrik Aceh Jaya di suplay hanya dari Meulaboh, sehingga apabila terjadi gangguan di pangkal akan mengakibatkan padam di Aceh Jaya.

“Kami senantiasa telah melakukan perbaikan dan peningkatan keandalan, salahsatunya melakukan penambahan peralatan agar apabila terjadi gangguan maka akan di back up sebagian kawasan agar tidak padam total (padam hanya sebagian kawasan),” tuturnya.

Baca juga: Gerak Cepat PLN atasi Tiang Tumbang di Aceh Jaya

“Sebelum bulan Ramadhan, upayakan peningkatan keandalan. Dalam waktu dekat ini akan direncanakan tim dari banda Aceh untuk membantu kegiatan pemeliharaan,” tambah Zul Fahmi.

“Kami terus berupaya agar tidak terjadi padam tidak terencana dan apabila padam maka secepatnya kami lakukan penormalan,” pungkasnya, [].

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur