LSM Kita Peduli Desak Pemerintah Bangun Tanggul di Krueng Teunom

Redaksi
Kondisi abrasi di Gampong Pasie Pawang Kecamatan Teunom, Aceh Jaya. Foto: LSM Kita Peduli.

Habakini | Aceh Jaya – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kita Peduli mendesak Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk segara membangun tanggul batu gajah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Teunom desa Pasie Pawang.

“Kami minta Pemkab Aceh Jaya segara bangun tanggul batu gajah di Krueng Teunom, karena abrasi di sungai tersebut semakin parah,” kata Ketua LSM Kita Peduli, Abdo Rani kepada Habakini.com, Senin 15 April 2024.

Baca juga: Muslem Bagikan Bantuan Sembako kepada Korban Dampak Banjir Darul Hikmah

Menurut Abdo, selama ini kondisi tebing sungai Krueng Teunom tepatnya di desa Pasie Pawang kecamatan Teunom semakin parah akibat tergerus air sungai ketika musim hujan.

“Lokasi abrasinya di Gampong Pasie Pawang Kecamatan Teunom sudah sangat memprihatinkan. Ada sekitar 200 meter panjangnya yang sudah abrasi akibat terkikis kala musim hujan,” ungkap Abdo usai meninjau langsung kelokasi abrasi.

Baca juga: Diterjang Banjir, Jalan Kecamatan di Aceh Jaya Putus Total

Katanya, tanggul penahan banjir sudah terkikis diperkirakan panjang 200 meter lebih, akibatnya pada malam pertama hari raya idul Fitri sempat meluap air sungai hingga mencapai 1 meter di permukiman warga.

“Tebing sungai terkikis mengakibatkan tanggul yang menghambat luapan air jebol, tanah yang terkikis lebarnya antara 5 hingga 10 meter dari dasar. Tidak jauh dari tempat jebolnya tanggul terdapat kuburan umum milik warga Gampong Pasie Pawang,” pungkasnya, (*).

Penulis : Herdi
Editor : Redaktur