Pemilu  

Panwaslih Aceh Jaya Temukan 137 Surat Suara Rusak

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Jaya menemukan 137 surat suara pemilu rusak. Temuan tersebut berdasarkan hasil pengawasan pihaknya selama enam hari di Gudang Logistik KIP Aceh Jaya, Minggu 14 Januari 2024.

“Proses sortir dan lipat surat suara untuk pemilu 2024 di Aceh Jaya selesai dilaksanakan pada Sabtu 14 Januari 2023 di Gudang Logistik KIP Aceh Jaya kemarin,” kata Ketua Panwaslih Aceh Jaya, Muhammad Afzal kepada Habakini.com.

“Berdasarkan hasil pengawasan, dari 343.453 total surat suara, kita menemukan sebanyak 137 lembar surat suara yang rusak,” tambah Afzal.

Baca juga: KIP Aceh Utara Temukan 411 Surat Suara Rusak

Katanya, surat suara lebih dan rusak yang ditemukan selama masa sortir dan lipat akan dimusnahkan sebelum Pemilu dilaksanakan. Sementara jenis surat suara yang kurang akan diusulkan kembali oleh KIP Aceh Jaya sesuai dengan mekanisme dan prosedur yang berlaku.

“Untuk diketahui, total kebutuhan logistik surat suara untuk Kabupaten Aceh Jaya pada Pemilu 2024 sebanyak 342.905 lembar. Berdasarkan pengawasan Panwaslih, selain mendapatkan surat suara rusak, terdapat juga 524 lembar surat suara lebih dari beberapa jenis surat yang ditemukan suara selama masa sortir,” ungkap Afzal.

Baca juga: Pj Bupati Aceh Jaya Kembali Pantau Proses Pelipatan Surat Suara

Afzal juga mengatakan, pengawasan sortir dan lipat surat suara yang dilaksanakan oleh Panwaslih Aceh Jaya mulai dilaksanakan sejak Senin 08 Januari 2024, dan selesai pada hari Sabtu 13 Januari 2024, empat hari lebih cepat dari jadwal yang direncanakan. Rencana awal yang ditetapkan oleh KIP Aceh Jaya selama 10 hari.

“Terhadap logistik surat suara untuk kabupaten Aceh Jaya pada Pemilu 2024, Panwaslih Aceh Jaya melaksanakan pengawasan melekat sejak dari mulai dibongkarnya surat suara dari kontainer di Belawan, Medan pada Sabtu, 30 Desember 2023,” terangnya.

Baca juga: Pj Murtala Pastikan Proses Sortir Surat Suara Pemilu 2024 Berjalan Lancar

Dalam perjalanan, tambah Afzal, pengawasan terus berlanjut sampai logistik tersebut diterima di gudang logistik KIP Aceh Jaya pada Selasa, 02 Januari 2024. Kemudian berlanjut sampai dengan proses sortir dan lipat.

“Panwaslih Aceh Jaya berkomitmen untuk terus meningkatkan pengawasan terhadap logistik pemilu yang saat ini sudah berada di gudang penyimpanan logistik. Dan akan memastikan proses distribusi nanti sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan KPU,” pungkasnya, [].

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur