Pemilu  

Panwascam Teunom Mulai Seleksi Calon PTPS Tahap Wawancara

Redaksi

Habakini | Aceh Jaya – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Teunom melaksanakan wawancara terhadap 10 orang calon Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam kecamatan Teunom.

“Hari ini merupakan hari pertama kita mewawancarai Calon PTPS dari desa Padang Kleng 8 orang dan dari Desa Pasie Tulak Bala 2 orang,” kata Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Panwaslu Teunom, Resi Rosana Wita kepada Habakini.com, Kamis 11 Januari 2024.

Baca juga: Netralitas ASN, Tantangan dan Strategi Kepemimpinan Birokrasi dalam Pemilu Serentak Tahun 2024

Katanya, pelamar calon PTPS yang lulus Administrasi di Padang Kleng sebanyak 11 orang namun hanya 8 orang yang mengikuti seleksi wawancara, sedangkan kebutuhan PTPS sebanyak 4 orang. Sementara di desa Pasi Tulak Bala hanya 2 orang yang lulus Administrasi serta keduanya mengikuti seleksi wawancara.

Baca juga: Deklarasi Pemilu Damai, Penyelenggara dan Aparat Keamanan Diminta Netral

Resi juga menyampaikan bahwa dalam tahapan seleksi wawancara PTPS kali ini banyak aspek yang menjadi penilaian, karena harus mencari SDM yang unggul dan tanggap dalam melakukan pengawasan ditingkat TPS.

Dengan demikian, PTPS nantinya diharapkan mampu melakukan mitigasi tingkat pelanggaran yang terjadi di setiap TPS secara mandiri dan tentunya dengan melakukan koordinasi aktif dengan pengawas tingkat desa.

Baca juga: Panwaslih dan KIP Aceh Jaya Lakukan Koordinasi dengan Polres terkait Pemilu

“Dalam hal wawancara ini kami juga sangat berfokus pada netralitas dan integritas calon PTPS serta pengetahuan tentang kepemiluan dan pengetahuan muatan lokal supaya siapapun yang terpilih nanti bisa menjadi perpanjangan tangan Pengawas kecamatan yang dapat diandalkan ditingkat TPS,” pungkasnya, [].

Penulis : Redaksi
Editor : Redaktur